Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj. Bupati Parigi Moutong Terima Anugerah BAZNAS Award 2024.

Kamis, 29 Februari 2024 | Februari 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T13:20:58Z


TransSulteng
- Parigi Moutong — Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo terima penghargaan BAZNAS Awards 2024 dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik yang diserahkan langsung oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Ahmad, kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/02/2024).

Penganugerahan BAZNAS Awards 2024 tersebut dihadiri Ketua BAZNAS RI Prof.Dr. KH. Noor Ahmad, Ketua MUI KH. Anwar Iskandar, Dubes Mesir untuk Indonesia, Dubes Indonesia untuk Mesir, Ketua Bayt Zakat Mesir, Gubernur penerima award se-Indonesia dan Walikota/Bupati penerima award se-Indonesia.

Berdasarkan penyampaian melalui surat yang dikirim dari BAZNAZ Republik Indonesia, Nomor: B/0806-BT/BKBL-BKKH/KETUA/KD.02.05/III/2024, tertanggal 23 Februari 2024 perihal Penganugerahan Baznas AWARD 2024 kepada Pj. Bupati Parigi Moutong yang terpilih mendapatkan penghargaan Baznas Awards 2024

Dalam sambutannya, ketua Baznas RI menyampaikan perkembangan BAZNAS saat ini sangat maju dan pesat, dimana peningkatan tersebut telah mencapai 30 persen setiap tahunnya hal ini tak lepas dari Gerakan Cinta Zakat dan Gerakan Berkah Zakat yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Pada tahun 2023 kemaren, capaian zakat se Indonesia telah mencapai 33 triliun melalui BAZNAS dan LAZ. Kemudian pada tahun 2024 sekarang BAZNAS telah menargetkan untuk capaian zakat yang diterima akan mencapai 41 triliun. Tentunya prestasi ini tak lepas dari peran Kepala Daerah yang membuat kebijakan mendorong peningkatan capaian Zakat,” ungkap Noor Ahmad.

Penerima manfaat zakat warga Indonesia saat ini sudah mencapai 65 juta orang se-Indonesia, dan sudah ada 450 ribu orang Muzakki. Saat ini program unggulan BAZNAS adalah pengembangan kampung zakat,” lanjutnya.

Dengan program yang akan berjalan di tahun 2024 ini, Noor Ahmad berharap program BAZNAS akan berkonsentrasi pada pengentasan kemiskinan melalui beasiswa pendidikan.

Menteri agama RI, H. Yaqut Qoulil Qoumas mewakili Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran zakat sudah berkembang dari pemenuhan kebutuhan konsumtif menjadi produktif, solutif terhadap masalah pendidikan, kebudayaan, lingkungan, kemanusiaan dan lainnya.

Presiden mengharapkan penghargaan ini tidak hanya menjadi rutinitas tapi menjadi sebuah apresiasi terhadap peningkatan prestasi dalam capaian Zakat. Baznas bisa menjadi garda terdepan dalam masalah ekonomi dan juga infrastruktur, guna menyongsong Indonesia emas 2045. Masih banyak potensi zakat yang bisa digali yang angkanya bisa mencapai 300 triliun. Olehnya literasi umat perlu ditingkatkan terhadap zakat dan kesadaran untuk berzakat.

Pj. Parigi Moutong Richard Arnaldo, setelah menerima penghargaan BAZNAS Awards 2024 itu berucap syukur atas penghargaan yang telah diraih dan akan terus mendukung optimalisasi pengelolaan serta pendistribusian zakat di Kabupaten Parigi Moutong.

“Alhamdulilah, penghargaan ini adalah apresiasi atas kerja keras kita bersama, seluruh pihak yang terlibat maupun stakeholder yang mendukung pengelolaan zakat di Kabupaten Parigi Moutong, terutama Baznas Kota Parigi serta seluruh UPZ yang berkontribusi positif dalam penyelenggaraan dan pengelolaan zakat ummat di Kabupaten Parigi Moutong,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam penyaluran zakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong akan fokus mengutamakan pemanfaatannya, selain untuk menurunkan angka kemiskinan, manfaat zakat secara optimal juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat.  

Richard Arnaldo berharap, penghargaan ini akan menjadi semangat dan motivasi bagi seluruh jajaran ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Mouting agar lebih serius dan komit dalam mendukung pengelolaan zakat.


Sumber : DINAS KOMINFO KAB. PARIGI MOUTONG.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini