Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kab. Parimo Lakukan Pendampingan Penerapan Srikandi

Senin, 01 April 2024 | April 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-01T10:24:45Z


TransSulteng
- Parigi Moutong - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong Menyelenggarakan Pendampingan Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) melalui Zoom Meeting diikuti seluruh Admin OPD Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Bertempat di Perpustakaan Kab. Parigi Moutong Senin (01/4/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, diwakili Asisten Administrasi Umum Parigi Moutong, Yusnaeni, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan Pendampingan Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Untuk Menciptakan kelancaran dalam persyaratan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan guna memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online, terintegrasi serta mempercepat pekerjaan, juga meningkatkan produktivitas dan transparasi.

Dikatakannya, Srikandi bukan hanya sekedar aplikasi persuratan, tetapi aplikasi yang dapat menyatukan informasi atau data yang diciptakan oleh perangkat daerah sehingga dapat mewujudkan satu data bagi pemerintah daerah bahkan satu data Indonesia.

"Srikandi akan berpengaruh terhadap indeks tata kelola daerah, indeks Sitem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Daerah, dan hasil pengawasan kearsipan dengan harapan bahwa Srikandi dapat membantu kinerja Pemerintah Daerah," ujarnya.

Dijelaskannya, arsip memiliki peran yang penting terkait dokumen-dokumen institusi, karena tata kelolanya harus dilakukan dengan baik tidak lagi secara manual tetapi secara elektronik atau digital, seiring berjalanya waktu, hal itu juga harus dibarengi dengan peningkatan pemahaman terhadap pengelolaan utamanya bagi para operator dan tenaga arsiparis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong, Sakti Lasimpala menjelaskan terkait dengan pelaksanaan aplikasi Srikandi, sebuah aplikasi yang mengarah pada teknologi yang akan membantu dalam pelaksanaan administrasi perangkat daerah.

"Kabupaten Parigi Moutong ini akan sampai pada program di mana seluruh administrasi penandatangan seluruhnya elektronik," ungkapnya.

Olehnya diharapkan, melalui kegiatan itu admin di masing-masing OPD dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik, sehingga seluruh proses administrasi sampai pada penandatangaan elektronik sudah dapat terlaksana. hal itu merupakan harapan Pj Bupati Parigi Moutong dimana tahun 2024 ini Kabupaten Parigi Moutong sudah masuk pada penandatangaan secara elektronik.

Hadir pada kegiatan itu, Asisten Administrasi Umum Parigi Moutong Yusnaeni, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong, Sakti Lasimpala, Kepala Bidang E-Government, Diskominfo Parigi Moutong, beserta seluruh admin Aplikasi Srikandi dari masing-masing OPD.

 

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Narahubung: vidya & ika

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini