Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anwar Hafid Unggul Dalam Simulasi Pilgub Sulteng

Sabtu, 06 Juli 2024 | Juli 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-06T12:44:57Z


TransSulteng
- Sulawesi Tengah - Salah satu Calon Gubernur Sulawesi Tengah yang merupakan kader dari Partai Demokrat, Anwar Hafid, unggul dengan perolehan suara 46,7 persen dalam simulasi yang digelar Populi Center. Anwar bahkan tetap unggul di setiap simulasi putaran yang digelar.


Populi Center, lembaga penelitian non-profit di bidang kebijakan dan opini publik, menyelenggarakan Survei Partisipasi dan Preferensi Pemilih Jelang Pilgub Sulawesi Tengah, mulai tanggal 24 Juni hingga 3 Juli 2024. Sampel responden tersebar secara proporsional di 13 Kabupaten/Kota. Tujuan survei untuk melihat peta persaingan terkini di antara calon-calon yang disebut-sebut akan berlaga dalam Pilgub Sulawesi Tengah mendatang, sebagai referensi bagi pemilih dalam menentukan pilihan. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal.


Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) kepada 1.000 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan rentang Margin of Error (MoE) ± 4 – 4,8 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Proses wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan Aplikasi Survei Populi Center.


Data menunjukkan, Anwar Hafid menjadi tokoh yang paling banyak dipilih apabila Pilgub Sulawesi Tengah dilakukan hari ini. Dari empat model simulasi 3 calon gubernur, Anwar Hafid mendapatkan elektabilitas terbesar di tiga model simulasi.


Pada simulasi pertama, Anwar Hafid unggul dengan 46,7 persen, disusul Rusdy Mastura (26,8 persen), dan Mohamad Irwan Lapata (6,6 persen). Pada simulasi kedua, Anwar Hafid unggul dengan 39,3 persen, disusul Ahmad Ali (38,6 persen), dan Mohamad Irwan Lapata (6,5 persen). Kemudian pada simulasi ketiga, Anwar Hafid juga unggul dengan 37,3 persen, disusul Ahmad Ali (36,5 persen), dan Hidayat Lamakarate (11,2 persen). Terakhir, pada simulasi keempat, Ahmad Ali unggul dengan 33,5 persen, disusul Anwar Hafid (31,8 persen), dan Rusdy Mastura (21 persen). Sisa angka pada tiap simulasi masuk kategori belum memutuskan dan tidak tahu/tidak jawab.


Sementara pada simulasi 2 calon (head to head), Anwar Hafid mendapatkan elektabilitas tertinggi di semua model model simulasi calon. Pada simulasi pertama, Anwar Hafid dengan 65,6 persen mengungguli Mohamad Irwan Lapata dengan 11,1 persen. Pada simulasi kedua, Anwar Hafid dengan 63,7 persen mengungguli Hidayat Lamakarate dengan 14,3 persen. Pada simulasi ketiga, Anwar Hafid dengan 49,8 persen mengungguli Rusdy Mastura dengan 31 persen. Pada simulasi keempat, Anwar Hafid dengan 43,3 persen mengungguli Ahmad Ali dengan 41,4 persen. Sisa angka pada tiap simulasi masuk kategori belum memutuskan dan tidak tahu/tidak jawab.


Pada simulasi pasangan, Anwar Hafid yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Reny Lamadjido, unggul atas pasangan calon lainnya. Pada simulasi pertama, pasangan Anwar Hafid-Reny Lamadjido dengan 43,4 persen mengungguli pasangan Rusdy Mastura-Ahmad Ali dengan 36,1 persen. Pada simulasi kedua, pasangan Anwar Hafid-Reny Lamadjido dengan 41,4 persen mengungguli pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri dengan 39,9 persen. Sisa angka pada tiap simulasi masuk kategori belum memutuskan dan menolak menjawab.


Berkaca pada temuan di atas, perebutan kursi Gubernur Sulawesi Tengah diperkirakan akan berlangsung sengit, terutama antara Anwar Hafid dan Ahmad Ali. Dengan demikian, pihak yang mampu meraup dukungan dari undecided voters lah yang akan memenangi persaingan tersebut.(DK)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini