Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buka Pelatihan Analisis Jabatan Virtual di Lingkup Pemprov, Ini Penekanan Wagub Sulteng

Selasa, 02 November 2021 | November 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-02T07:14:38Z

TRANS SULTENG, Palu- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs. Mamun Amir , Mewakili Gubernur Sulawesi Tengah Membuka Secara Virtual Pelatihan Analisis Jabatan Di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah Tahun 2021, Selasa (2/11/2021).

Pada Kesempatan Itu Hadir Kepala BPSDM Kementrian Dalam Negeri Dr. Setyabudi, M.Pd. Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah Novalina, Kepala Biro Organisasi Andi Kamal, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB , Dra Siti Hasbiah, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan di Wakili Sekretaris Dinas .

Kepala BPSDM Novalina, dalam pemaparannya mengatakan, pelaksanaan pelatihan analisis jabatan dilingkungan Pemprov Sulteng tahun 2021 dilaksanakan dengan harapan peserta dapat memiliki pemahaman dan mampu menyusun syarat jabatan dan uraian tugas,  memahami dan mampu menyusun analis jabatan.

Kemudian paham akan penghitungan beban kerja dan evaluasi jabatan dan melalui kegiatan ini tersusunnya Dokumen analisis jabatan dan hasil perhitungan Analisis beban kerja pada masing - masing OPD dan kegiatan analisis jabatan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan.

Dikesempatan yang sama Kepala BPSDM Kemendagri Dr. Setyabudi, M,Pd. Menyampaikan Apresiasi dan Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah karena salah satu daerah yang sangat bagus dalam pengembangan SDM .

Kepala BPSDM Kemendagri menambahkan pengembangan kompetensi SDM aparatur di Daerah hendaknya menyesuaikan  kebutuhan kompetensi,sehingga  didorong untuk merespon pengembangan SDM yang berdaya saing sesuai dengan Tujuan Otonomi daerah yakni untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat , meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan daya saing daerah.

Disampaikannya bahwa tertanggal 30 Juni 2021 dari Jumlah PNS sebanyak 4.081.824 dengan perbandingan Jumlah PNS pada Instansi Daerah sebanyak 77% atau 3.132.774 dan Instansi Pusat 23 % atau 949.050 dengan perbandingan tersebut diharapkan perhatian dan komitmen pemerintah daerah untuk peningkatan SDM PNS Daerah untuk meningkatkan kwalitas Pembangunan Daerah.

Sementara Wagub Drs. Mamun Amir , mewakili Gubernur menyambut permohonan maaf dari Bapak Gubernur dan salam hangat dari Gubernur kepada Peserta Diklat dan Kepada Kepala BPSDM Kemendagri.

Olehnya Wagub mengungkapkan terimakasi kepala Kepala BPSDM atas apresiasi yang diberikan kepada Pemerintah Sulawesi Tengah merupakan daerah yang baik dalam pengembangan SDM PNS .

Selanjutnya dia juga menyampaikan bahwa sesuai Amanat Permenpan RB Nomor 1 Tahun 2020 tentang Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja , maka analisis jabatan dan analisis Beban Kerja merupakan persyaratan untuk menyusun Peta Jabatan.

Kemudian uraian jabatan dan jumlah kebutuhan ASN dan Analisis jabatan bertujuan untuk menyediakan informasi jabatan sebagai dasar menentukan kebijakan manajemen Kepegawaian , kelembagaan , ketatalaksanaan dan pengawasan. 

Wagub juga menyampaikan bahwa saat ini tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima sangat tinggi , namun profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud.

Hal tersebut tergambar pada indeks reformasi Birokrasi Provinsi Sulawesi Tengah masih Kwalifikasi B dan Indeks Profesionalitas ASN tahun 2020 dengan Nilai 62,00 atau Nilai Kurang hal ini disebabkan distribusi Pegawai pada unit kerja atau satuan kerja belum mengacu pada kebutuhan Riil Organisasi .

Diakhir kesempatan Wagub menekankan bahwa Pemprov Sulteng berdasarkan Pergub Nomor 9 Tahun 2021 tentang Manajemen Talenta pegawai negeri sipil berdasarkan dengan manajemen talenta dibutuhkan hasil analisis jabatan.

Kemudian perhitungan beban kerja yang ideal sehingga Kegiatan pelatihan sangat penting dilaksanakan dan diharapkan dapat memberikan dampak sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

"Saya mengharapkan kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh sungguh karena keseriusan dan kesungguhan peserta dapat menentukan ketersediaan Dokumen Analisis jabatan di OPD masing - masing Peserta," Imbuhnya.Biro Adm 

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini