Sterilisasikan Gereja Jelang Hari Natal, Polres Sukoharjo Kerahkan Anjing Pelacak dan Tim Jihandak

 

Trans Sulteng,Sukoharjo - Polres Sukoharjo melibatkan anjing pelacak dan tim penjinak bahan peledak (jihandak) saat melakukan sterilisasi di sejumlah gereja di Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dilakukan untuk keamanan bagi umat nasrani yang akan menjalankan misa natal pada 25 desember mendatang.

Dalam sterilisasi tersebut, petugas menyisir area luar gereja dengan metal detector dan anjing pelacak. Hal serupa dilakukan di setiap ruangan di dalam gereja. Meja altar yang terletak di bagian depan ruangan gereja tak luput dari pemeriksaan petugas.

“Sterilisasi dilakukan sebelum kegiatan misa natal di setiap gereja,” kata Kasat Samapta Polres Sukoharjo Iptu Sri Haryanto, mewakili Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Jumat (24/12/2021). 

“Hal ini untuk memastikan tidak ada benda-benda mencurigakan di area gereja,” ugkapnya saat melaksanakan sterilisasi di Gereja Hati Kudus Sukoharjo dan Gereja Kristen Jawa.

Tentunya, para jemaat gereja wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Jumlah jemaat gereja dibatasi untuk mencegah kerumunan massa yang berpotensi terjadi penularan Covid-19. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus gereja yang memiliki jemaat cukup besar. Tetap ada pembatasan jumlah jemaat yang mengikuti misa di gereja. Hanya separuh dari kapasitas gereja yang digunakan,” ujarnya.Sementara itu, Pengurus Gereja Kristen Jawa, Erian Purwaningsih, mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Polres Sukoharjo yang telah melaksanakan sterilisasi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Polres Sukoharjo yang telah menyelenggarakan sterilisasi di Gereja Kristen Jawa ini, semoga dengan sterilisasi ini acara natal nanti dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Vio Sari/Humas

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1