DANLANAL Palu Pimpin Upacara Dan Ziarah Di TMP Tatura


Trans Sulteng,Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, demikian kalimat bijak yang disampaikan Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan pernghargaan dan penghormatan tersebut dituangkan dalam berbagai cara, seperti pemberian gelar Pahlawan Nasional, nama Pahlawan digunakan sebagai nama Jalan, nama kapal-kapal perang RI, pembuatan museum, hingga ditulis dalam buku-buku sejarah.

Tidak hanya demikian, setiap memperingati momen bersejarah, tidak ketinggalan didiapanjatkan doa kepada para pahlawan yang rela mengorbakankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL pada Jum'at (14/01/2022) pagi, di Taman Makan Pahlawan (TMP) Palu.

 Komandan Lanal Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M. Tr. Hanla beserta Perwira Staf, Prajurit dan PNS Lanal Palu melaksanakan ziarah dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022. 

 Hari Dharma Samudera merupakan peringatan bersejarah khususnya TNI Angkatan Laut Indonesia, untuk mengenang pertempuran patriotik tiga kapal perang RI dibawah komando Komodor Yos Sudarso di Laut Aru saat perebutan Irian Barat.

   Dengan persenjataan yang tidak seimbang pada saat itu, ketiga kapal perang RI tertembak oleh kapal perang Belanda dan tenggelam, Komodor Yos Sudarso, juga seluruh ABK pun ikut gugur sebagai Pahlawan Kusuma Bangsa. 

 Upacara yang dilaksanakan Pangkalan TNI AL Palu dengan Inspektur Upacara Komandan Lanal Palu, dihadiri oleh Ketua Jalasenastri Cabang 4 Koorcab VI DJA II Ny Christy Normawati Ginting dan pengurus Jalasenastri Cabang 4 Koorcab VI DJA II Lanal Palu. 


Upacara di TMP tatura Palu oleh Pangkalan TNI AL Palu dalam rangka Hari Dharma Samudera tahun 2022 tersebut berlangsung khidmad. selain penghormatan militer kepada arwah Pahlawan, juga dipanjatkan do'a saat mengheningkan cipta didalam rangkaian upacara.Menjelang akhir kegiatan rangaian upacara, dilaksanakan peletakan karangan bunga oleh Komandan Pangkalan TNI AL Palu di Momunen TMP Tatura Palu dan dilanjutkan tabur bunga ke pusara pahlawan di TMP Tatura Palu. 

 Masih dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada hari Sabtu tanggal 15 Januari 2022, akan dilaksanakan upacara tabur bunga di laut, yang rencananya akan dihadiri Gubernur Sulteng, Danrem 132/Tadulako, Kapolda Sulteng dan Pejabat Forkopimda Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan di Dermaga Mako Pangkalan TNI AL Palu, yang kemudian dilanjutkan dengan upacara Tabur Bunga di Laut menggunakan KAL Talise dengan Berlayar di Teluk Palu.BAMS/IRD.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1