Wabup Rohil Launching Aplikasi SPPD Elektronik


Transsulteng,Rohil - Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman SS MH secara langsung melaunching Aplikasi SPPD Elektronik (E-SPPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Rabu (9/2/2022).

Launching aplikasi SPPD elektronik tersebut yang ditaja oleh Diskominfotik Rohil dilaksanakan di Lantai empat kantor Bupati Rohil dan dihadiri Plt Kadiskominfotik Indra Gunawan, Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni,beberapa kepala OPD, Kabid IKP Hasnul Yamin serta perwakilan seluruh OPD.

Dalam sambutannya, Wabup menyambut  dan memberikan apresiasi kepada dinas komunikasi informatika atas launching aplikasi E-SPPD yang merupakan kegiatan penting dan strategis dalam melaksanakan amanat peraturan presiden RI nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Penggunaan teknologi di lingkungan pemerintahan dalam hal ini adalah sistem informasi berbasis elektronik kata Wabup, dapat memudahkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam mencapai terwujudnya government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Wabu menerangkan, perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat pada era digital seperti ini manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. 

"Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia, teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital," katanya. 

Sistem pemerintahan berbasis elektronik lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah agar dapat terbentuk ke pemerintahan yang bersih dan transparan dan agar dapat menjawab tuntutan perubahan secara efektif untuk mendukung good government.

Aplikasi perjalanan dinas secara elektronik tambahnya, adalah sebuah aplikasi yang difungsikan sebagai sarana untuk membantu pegawai mempercepat proses administrasi pembuatan surat perjalanan dinas dan mempercepat perhitungan rincian biaya perjalanan di lingkungan instansi pemerintahan. Aplikasi ini juga, mengusung kebijakan paperless yang artinya meminimalisir penggunaan kertas.

Aplikasi E-SPPD dapat meningkatkan percepatan pelayanan administrasi perjalanan dinas berbasis elektronik dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah penyampaian laporan perjalanan dinas sehingga dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Rokan Hilir.

SPPD yang akan dijalankan ini terang Wabup, memiliki fitur di antaranya manajemen kepegawaian manajemen nota permintaan perjalanan dinas (NPPD) manajemen surat perintah tugas (SPT) manajemen surat perintah perjalanan dinas (SPPD) manajemen laporan perjalanan dinas (LPD) serta manajemen kuitansi pembayaran.

Sebagai wujud dari implementasi instruksi presiden nomor 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional jelasnya, pengembangan e-government dilatarbelakangi oleh semangat mewujudkan pemerintahan yang bersih transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan.

"Saya sangat mendukung penerapan aplikasi SPPD ini di lingkungan pemerintahan Kabupaten Rohil yang memberikan kemudahan dalam administrasi perkantoran dan dengan adanya aplikasi ini menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kemajuan daerah di bidang teknologi khusus sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkungan pemerintah Kabupaten Rohil," paparnya. 

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Wabup menghimbau kepada seluruh OPD agar turut berpartisipasi aktif sehingga pengetahuan dan informasi yang diperoleh dapat diterapkan pada OPD masing-masing untuk penggunaan SPPD yang dapat mempermudah penyampaian laporan perjalanan dinas serta meningkatkan kinerja pelayanan publik di Kabupaten Rohil.

(Sri imelda)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1