Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1443 H Dibagi Tiga Tahapan


TransSulteng -ParigiMoutong- Jelang puasa Ramadahan, Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar Sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijiriah pada hari ini Jum'at (1/4/22).

Dikitib dari Tribunnews.com, oleh Kementerian Agama melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib mengatakan,  Penetapan 1 Ramadhan dibagi tiga tahapan.

Tahapan pertama pemaparan posisi Hilal awal Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil hisab, (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan tim Unifikasi Kalender Hijiriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. 

"Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui Live streaming,"Ujar Adib.

Tahapan kedua kata ia, pelaksanaan Sidang Isbat penetapan awal Ramadhan 1443 H digelar secara tertutup usai Shalat Magrib atau pukul 18.00 WIB. 

Menurutnya, selain data hisab (informasi), sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil Rukyatul Hilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh Tim Kemenag di 78 lokasi di seluruh Indonesia. 

Tahapan ketiga yaitu Telekonferensi Pers hasil sidang Isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan station TV lainnya dan melalui Media Sosial (Medsos) Kemenag. 

"Rencananya Konferensi Pers hasil sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 H akan digelar pada pukul 19.15 WIB,"Pungkasnya. 

DISKOMINFO PARIMO/SD

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1