Wakil Gunernur Sulawesi Tengah Buka Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat


TransSulteng,Palu-Sulawesi Tengah, Gubernur diwakili Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir didampingi Kadis Perputakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah I Nyoman Sriadijaya, M.M membuka secara resmi Kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat, Bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gunernur Sulawesi Tengah, Rabu (2/3/2022).

Mengawali sambutannya, Wakil Gubernur H. Ma'mun Amir menyampaikan bahwa peran perpustakaan sangat strategis dalam upaya mencerdaskan masyarakat maka kualitas dan kuantitas semua jenis perpustakaan harus ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga diharapkan kedepannya dapat membangun gedung layanan perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah yang representatif dengan memadukan layanan perpustakaan dan kearsipan secara konvensional maupun digital.

"Saya berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Tengah dapat membuat terobosan yang singkron dengan program perpustakaan nasional guna meningkatkan indeks literasi masyarakat dan transplorasi perpustakaan berbasis inklusif sosial." Terang Wagub 

Lebih lanjut, beliau menyampaikan ajakan kepada seluruh kepala daerah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah untuk berperan serta dalam pengelolaan perpustakaan yang berorientasi pada pelayanan prima serta menjadikan kegiatan membaca sebagai suatu kebutuhan dan gaya hidup masyarakat informatif.

"Saya selalu menyampaikan dalam setiap kesempatan jangan pernah berhenti belajar dan tidak ada kata tamat dalam belajar." Ujar Ma'mun Amir 

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda Literasi serta Penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama Perputakaan untuk Peningkatan Gerakan Membaca dan Gerakan Literasi Demi Kesejahteraan antara Perputakaan National dan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dan Perguruan Tinggi se-Sulawesi Tengah.

Adapun yang dinobatkan sebagai Bunda Literasi yaitu Ibu Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos., M.Si serta unsur Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi dengan rincian sebagai berikut.

Dari Unsur Pemerintah Daerah :

1. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah

2. Pemerintah Daerah Kota Palu

3. Pemerintah Daerah Kab. Tojo Una-una

4. Pemerintah Daerah Kab. Morowali Utara

5. Pemerintah Daerah Kab. Morowali

6. Pemerintah Daerah Kab. Parigi Moutong

Dari Unsur Perguruan Tinggi :

1. Universitas Tadulako

2. Universitas Islam Negeri Datokarama

3. Universitas Alkhairat Palu

4. Universitas Sintuvu Maroso

5. Universitas Madako Tolitoli

6. Universitas Muhammadiyah Palu

7. Akademi Kebidanan Palu

8. AMIK Luwuk Banggai

9. Stikes Bala Keselamatan Palu

10. Stikes Indonesia Jaya Palu

11. STIE Mujahiddin Tolitoli

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs. H. Muhammad Syarif Bando, M.M., Deputi Bidang SDM Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, M.Hum., Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Dr. Andin Bondar, M.Si., Anggota Komisi X DPR RI Hj. Sakinah Aljufri, S.Ag.sumber :Kominfo provinsi 

Laporan : pewarta: SD.


Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1