TONGKANG BERMUATAN ORE 7.500 TON DIAMANKAN DI WILAYAH LAUT MOROWALI


TransSulteng-Morowali-Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Letkol Laut (P) M Catur Soelistyono bersama jajaran Lanal Palu dan jajaran Pos TNI AL Morowali, menggelar pres rellease, Senin (25/4/2022).

 Press rellease tersebut berkaitan dengan pelimpahan berkas dan barang bukti penangkapan kapal tug boat serta tongkang bermuatan ore nikel, di wilayah perairan laut Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

 Danlanal Palu Letkol Laut (P) M Catur Soelistyono dalam keterangan persnya di wilayah perairan Bahodopi mengakui adanya pelimpahan pemeriksaan Tug Boat BIAK 9, yang ditangkap akibat diduga melakukan pelanggaran Undang-Undang di bidang Pelayaran, yang sampai saat ini proses peyidikan masih sedang berlangsung.

"Mengenai jenis pelanggaran dan kekurangan administrasinya, nanti akan diinformasikan lebih lanjut, karena saat ini proses penyidikan masih sedang berlangsung" ungkap Danlanal.

 Ia menjelaskan, hal itu dilakukan berdasarkan perintah Panglima TNI kepada KASAL, terkait tindak lanjut pelanggaran di laut, maka KASAL memerintahkan Panglima KOARMADA II yang membawahi operasi laut agar memerintahkan Lantamal, untuk melakukan patroli dan satuan dibawahnya adalah Lanal Palu.

Kapal TB Biak 9 yang akan menuju Morosi dilakukan penangkapan di wilayah perairan Morowali, setelah ditemukan adanya dugaan pelanggaran, maka TB BIAK 9 ditangkap di dibawa ke Pos AL terdekat, yakni Pos TNI AL Morowali yang berada di Bahodopi.

Danlanal mengatakan, sejak pagi dirinya beserta 5 personel Pos TNI AL Morowali berangkat dari Pos TNI AL Morowali ke TB Biak 9 dengan titik kordinat 02° 50' 003" S 122° 12' 788" E Timur Pulau Alang-Alang dengan menggunakan sea rider.

 Selanjutnya, Komandan Pos TNI AL Morowali bertemu dengan Tim Pengawal dari KRI AHP 355 di TB Biak 9, kemudian melaksanakan pengecekan barang bukti dan ABK TB Biak 9 dalam keadaan sehat, lengkap dan aman.

Tim pengawal dan personel Pos TNI AL Morowali kemudian menuju ke KRI AHP 355, untuk melaksanakan serah terima barang bukti dari Komandan KRI Halim Perdana Kusuma, kepada Komandan Pos TNI AL Morowali beserta dokumen dan ABK TB Biak 9 yang berada di KRI AHP 355, serta pengembalian Tim Pengawal KRI AHP 355 ke KRI AHP 355 yang sandar di dermaga Jetty 8 PT IMIP.

 Bertempat di geladak helly KRI AHP, dilaksankan penyerahan surat tanda terima barang bukti dalam kedaan aman, dan KRI AHP 355 bertolak dari Dermaga Jety 8 IMIP.

 Usai melaksanakan Merflug KRI AHP 355, Danposal dan anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB Biak 9 sebanyak 7 orang menuju TB Biak 9 yang sedang lego jangkar. 

 Danposal serta anggota Pos TNI AL Morowali serta ABK TB Biak 9 tiba di TB Biak 9 kemudian Danpos TNI AL Morowali memberikan pengarahan kepada seluruh ABK TB Biak 9.

 Sekitar pukul 11.30 WITA/ Personel Pos TNI AL Morowali beserta Nahkoda dan 3 (tiga) ABK TB Biak 9 berangkat ke Pos TNI AL Morowali, untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

 Diketahui, kapal tongkang tersebut memuat ore nickel sebanyak 7.500 ton dari wilayah Marombo, yang akan dibawa ke Morosi, Sulawesi Tenggara.

Sedangkan kesembilan awak kapal termasuk nahkodanya, sebagian diamankan di Pos TNI AL Bahodopi, dan sebagian lagi menjaga tug boat yang masih ditahan.BAMS/IRDAM.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1