Gubernur yang di dampingi Wakil Gubernur Melantik Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Lingkul Provinsi Sulteng secara virtual


 TransSulteng-Palu Sulawesi tengah-Beberapa Pejabat Administrator dan Pengawas yang dilantik secara Langsung di Rumah Jabatan Gubernur selebihnya Pejabat dilantik  secara Virtual berada di Kantor OPD masing - Masing di dampingi Kepala OPD nya  ,  pada kesempatan itu Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura melakukan Pelantikan Didampingi Wakil Gubernur Drs. Mamun Amir ,Pj. Sekda , Faisal Mang Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rudy Dewanto  Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi, Mulyono, SE,Ak, MM,  Kepala BKD , Asri, SH, Kepala Inpektorat, Muklis , Kepala Biro Organisasi Andi Kamal Lembah, Karo Administrasi Pimpinan , Edy Lesnusa.

Dalam sambuatan Gubernur , Menyampaikan bahwa di hari yang berbahagia, teristimewa yang , saya melantik para pejabat untuk menjalankan Pelayanan dan roda pemerintahan dan Pembangunan untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Gubernur Menyampaikan acara pelantikan pejabat administrator dan pengawas lingkup provinsi sulawesi tengah, yang dilaksanakan dalam suasana bulan suci ramadhan 1443 hijriah.

karena dilaksanakan pada bulan yang berkah, saya berharap semoga pelantikan ini membawa hasil-hasil terbaik bagi kinerja birokrasi dan utamanya bagi pembangunan, gerak cepat menuju sulawesi tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju. Selanjutnya Gubernur menyampaikan selaku pimpinan daerah, saya mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pejabat yang baru saja dilantik, semoga nanti saudara-saudari dapat beradaptasi dan berkolaborasi dengan para pejabat struktural yang lain, bersama AN di OPD masing-masing.

terlebih lagi semoga esensi puasa ramadhan yang dijalani dapat menempa kualitas kepemimpinan saudara-saudari. karena dengan berpuasa, seseorang akan dibentuk karakternya dalam self-leadership (memimpin diri sendiri) dan self-control (mengendalikan diri). dengan begitu, emosi akan menjadi lebih stabil, sehingga seorang pemimpin tidak akan mudah marah dan tersinggung, tidak anti kritik,     senang berdiskusi dan menerima masukan, sekaligus dapat menjadi teladan bagi bawahan, dan bahkan tidak akan pernah ragu mengapresiasi kinerja bawahan, para staf yang setia membantunya, sekecil apapun itu.

olehnya agar bisa memimpin bawahan dengan baik, maka seorang pejabat harus lebih dulu sukses memimpin dirinya sendiri, karena orang yang tidak bisa mengendalikan diri mustahil dapat menjadi pemimpin yang baik di tempat kerja. Lebih jauh Gubernur menyampaikan Alhamdulillah sepanjang tahun 2021, ada sejumlah capaian yang menggembirakan, yang didapatkan antara lain:

1.pertumbuhan ekonomi menembus angka 11,70 %, jauh di atas nasional yang hanya sebesar 3,69%;

2.tingkat kemiskinan menurun dari 13,06 % menjadi 12,18 %;

3.tingkat pengangguran terbuka menurun dari 3,77 % menjadi 3,75 %;

4.indeks gini menjadi 0,326 dan masih lebih baik dibandingkan indeks gini nasional sebesar 0,381;

5.tingkat ipm meningkat dari 69,55 poin menjadi 69,79 poin;

olehnya, pada kesempatan ini saya meminta para pejabat administrator dan pengawas untuk melakukan sinergi dan inovasi dalam mewujudkan program-program unggulan daerah, yang mencakup pada : 

1)sulteng kerja cepat;

2)sulteng cerdas;

3)sulteng sejahtera;

4)sulteng maju;

5)dan, sulteng tangguh;


begitu pula dengan langkah-langkah strategis yang sedang ditempuh, antara lain :

1)MOU  dengan BRI tentang penyaluran kur dengan bunga lunak 3% kepada pelaku umkm yang telah diperpanjang hingga akhir tahun 2022, dan alhamdulillah hasilnya berkorelasi dengan penurunan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi sulawesi tengah tahun 2021.

2)penyaluran bantuan tunai 1 juta per kk, khususnya yang ditujukan kepada keluarga-keluarga miskin yang belum terdata sebagai penerima blt dan pkh.

3)bantuan 100 miliar per kabupaten kota berupa paket program dan kegiatan pembangunan.

4)pengembangan kawasan food estate di kabupaten donggala, rumput laut di kabupaten banggai kepulauan dan industri perikanan halal di kabupaten banggai laut;

5)smart village untuk memberdayakan masyarakat desa dengan koneksi internet gratis melalui alokasi dana desa;

6)pembangunan pelabuhan, infrastruktur dan jalan-jalan penghubung strategis mempersiapkan sulawesi tengah sebagai penyangga ikn; 

7)layanan pendidikan gratis sma, smk dan slb; 

8)revitalisasi balai latihan kerja agar link and match dengan kebutuhan industri dan pasar kerja; 

9)penguatan perusahaan daerah agar kita dapat mandiri mengelola sumber daya alam potensial, supaya keuntungan yang dihasilkan dapat menambah fiskal daerah.

olehnya sangat besar harapan saya, semoga para pejabat baru dapat menuangkan dan mengharmonisasi ide gagasan saya, bersama wakil gubernur bapak ma’mun amir, ke dalam program-program OPD , agar ke depan dapat terbentuk birokrasi incorporated, dimana mesin-mesin birokrasi dapat ikut menunjang peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan sulawesi tengah. 

Jumlah Pejabat Pengawas Yang dilatik Sebanyak 224 dan Pejabat Administrator Sebanyak 137 pada Lingkup Pemda Provinsi Sulawesi Tengah.

Biro Administrasi Pimpinan/sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1