Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Gelar Pasar Murah UMKM Maroso.

Kamis, 09 Juni 2022 | Juni 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-09T11:20:48Z



Transsulteng-Palu, Sulawesi Tengah. Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah ,menggelar Pasar Murah UMKM Maroso dalam rangka untuk membangkitkan semangat dan motivasi kepada pelaku usaha untuk kembali tumbuh dan berkembang guna mewujudkan struktur perekonomian yang seimbang, berkembang dan berkeadilan. Bertempat di Halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah. Kamis, (9/6/2022)

Dalam laporanya, Kepala Bidang Budi Daya dan Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Mohammad Syafar, S.Pi menyampaikan bahwa pelaksanaan Pasar Murah UMKM Maroso bertujuan untuk mendorong dan menumbuhkan kembali usaha UMKM Sulawesi Tengah Pasca Pandemi Covid-19.

Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa Pandemi Covid-19 memberikan dampak buruk terhadap sektor perikanan dan kelautan sehingga beberapa usaha UMKM mengalami penurunan secara kuantitas.

"Setelah 2 tahun berlalu, kita tidak pernah mengadakan kegiatan seperti ini, olehnya kita hadirkan para pelaku usaha UMKM yang mengolah hasil perikanan dan kelautan untuk saling memotivasi, mengevaluasi diri dan saling menguatkan melewati masa krisis." Tambah Syafar 

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Tengah Moh. Arif Latdjuba, SE., M.Si dalam sambutanya sekaligus membuka secera resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pasar UMKM Maroso merupakan salah satu bentuk kepedulian Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap eksistensi serta tumbuh kembangnya UMKM bidang perikanan Sulawesi Tengah.

"Saya apresiasi seluruh peserta UMKM yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan ini." Kata Kadis Kelautan dan Perikanan mengawali sambutanya

Selanjutnya, beliau juga menambahkan bahwa UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia yakni, sebesar 64,19 Juta, dimana komposisi usaha mikro dan kecil mendominasi yaitu, sebesar 64,13 atau sekitar 99,92% dari keseluruhan sektor usaha.

Dengan demikian, sasaran strategis dan indikator kerja utama Dinas Perikanan dan Kelautan untuk jangka waktu 2021-2026 yaitu, "Meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kelautan dan perikanan,"

Beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua orang untuk saling bertukar informasi, menyamakan persepsi, menyatukan langkah, dan terus bersinergi dalam upaya mewujudkan masyarakat perikanan yang maju.

"Salah satu yang menjadi prioritas utama Sulawesi Tengah dalam rangka mewujudkan Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju yakni, peningkatan produksi perikanan melalui sinergitas pembangunan." Jelas arif

Turut hadir pada pertemuan tersebut yakni ; Pejabat eselon III dan IV, Kepala UPT Dinas Kelautan dan Perikanan, Pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota serta para pelaku usaha UMKM.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng./sd

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini