Wakil Gubernur Buka Rapat Koordinasi Teknis Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 di Bangkep



Transsulteng-Bangkep-Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 di Banggai Kepulauan yang mengangkat tema "Transformasi Perpustakaan dan Kearsipan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital di Daerah". Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Banggai Kepulauan. Selasa, (7/6/2022)

Plh. Bupati Banggai Kepulauan Rusly Moidady, ST., MT dalam sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang Kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Kepala Arsip Nasional RI, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia RI, Deputi Kearsipan Nasional RI beserta tamu undangan yang hadir.

"Terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Tengah yang telah mempercayakan Banggai Kepulauan sebagai tuan rumah dalam Rapat Koordinasi Teknis Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022." Ucap Rusly dalam sambutanya

Selanjutnya, beliau juga menambahkak bahwa kegiatan rakornis ini juga dirangkaikan dengan beberapa kegiatan diantaranya ; pengukuhan bunda literasi, launching kartu sakti terintegrasi dengan perpustakaan nasional, launching aplikasi Srikandi dan penandatanganan MOU dan nota kesepahaman antara kepala perpustakaan nasional RI dengan pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa Arsip dinamis merupakan salah satu sumber informasi publik yang harus bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia pelaksana khususnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Banggai Kepulauan yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakornis tahun ini." Jelas Ma'mun Amir saat membacakan sambutan Gubernur

Selanjutnya, strategi pengembangan perpustakaan dan arsip untuk memperkuat peranan perpustakaan dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul sesuai dengan Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur "Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju" melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

Penyelenggaraan sistem informasi kearsipan memegang peranan cukup penting terselenggaranya pemerintahan berbasis elektronik sebagaimana di tuangkan dalam dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Dengan demikian, Penggunaan aplikasi Srikandi dalam pengelolaan kearsipan menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas kearsipan profesional sebagai langkah mendukung pemerintahan berbasis elektronik.

"Dengan diterapkannya aplikasi sistem informasi kearsipan Srikandi ini, kedepanya pengelolaan arsip lebih dinamis sesuai dengan kaidah kearsipan dan ketentuan perundang-undangan yg berlaku." Pungkas Wakil Gubernur

Beliau berharap melalui Rakor ini dapat melahirkan suatu gagasan dan rumusan yang nantinya dapat dijadikan bahan acuan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah melalui program dan kegiatan bidang perpustakaan dan kearsipan yang lebih aplikatif dan implementatatif yang diterapkan oleh semua OPD baik lingkup Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Turut hadir : Kepala Perpustakaan Nasional RI, Kepala Arsip Nasional RI, Bupati Banggai, Ketua DPRD, Ketua Penggerak PKK, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kepala OPD, Badan, Instansi, Arsiparis dan Pustakawan.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng:LP SD.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1