Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Buka Secara Resmi Simulasi Panggulangan Bencana Sulteng Tahun 2022.


TransSulteng-Palu Sulawesi Tengah- Gubernur diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir. Moh. Faisal Mang, MM membuka secara resmi Simulasi Penanggulangan Bencana Gempa Bumi, Tsunami dan Liquifaksi Provinsi Sulawesi Tengah Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2022.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari yang dimulai pada tanggal 19 sampai dengan 20 Juli 2022. Bertempat, di Hotel Best Western Coco Palu. Selasa (19/7/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka pembuatan rencana antisipasi dalam kesiapan pemerintah dan masyarakat menghadapi bencana-bencana, menjadikan SDM yang kompeten dan profesional, meningkatkan kualitas serta kuantitas SDM di bidang kebencanaan.

Dalam sambutannya, Faisal Mang mengatakan bahwa menurut Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI 2020), Provinsi Sulawesi Tengah berada pada skor 144,96 atau pada kategori memiliki indeks risiko bencana yang tinggi. Adapun ancaman bencana yang ditemukan di Provinsi Sulawesi Tengah adalah gempa bumi, tsunami, banjir, banjir bandang, tanah bergeser, kebakaran hutan dan lahan, kekeringan, gelombang ekstrim, dan abrasi. 

Selanjutnya, Beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, terdapat perubahan paradigma penanggulangan bencana dari yang semula bersifat responsif menjadi preventif aktif dengan kata lain upaya pengurangan risiko bencana menjadi perhatian besar pemerintah dalam meminimalisir kemungkinan dampak kejadian bencana.

Lebih lanjut, Beliau menyampaikan bahwa kegiatan simulasi atau geladi ini secara umum terbagi menjadi dua yaitu geladi ruang (TTX dan CPX)  dan geladi lapangan (FTX). Khusus dalam kegiatan ini akan dilaksanakan geladi ruang berupa kegiatan Table Top Exercise (TTX) dan Comand Post Exercise (CPX) atau yang lebih dikenal dengan geladi posko. 

Turut hadir : BPBD Se-Sulawesi Tengah, TNI/Polri, BPKAD, BMKG, Basarnas, PMI, Satpol PP, Telkom, PDAM, PLN, Rapi, PMI, Forum Relawan serta OPD lingkup Pemprov. Sulteng

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng/lp-sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1