Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hari Kedua Bimtek : Kominfo Tingkatkan Petunjuk Teknis Metadata.

Rabu, 06 Juli 2022 | Juli 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-06T22:33:00Z


Transsulteng-Palu Sulawesi Tengah. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah lakukan Bimbingan Teknis Metadata dan Rekomendasi yang merupakan bimtek lanjutan dari hari sebelumnya. Bertempat di Hotel Palu Golden. Rabu (6/7/2022).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang petunjuk teknis metadata statistik, instrumen metadata statistik yang terdiri atas : kuesioner metadata kegiatan statistik, kuesioner metadata indikator, kuesioner metadata variabel, serta pedoman penyusunan metadata statistik sektoral. 

Pada kesmpatan itu, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik diwakili Kepala Bidang Statistik Madda, SE mengatakan bahwa Dinas Kominfo sebagai wali data harus memastikan semua data-data yang diproduksi oleh OPD selaku produsen data yang dikumpul harus sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI). 

Selanjutnya, beliau juga menjelaskan prinsip satu data Indonesia yaitu data harus sesuai standar, memiliki metadata, data yang dimiliki harus bisa dibagi pakaikan dan mendapat referensi atau pengkodean dari Badan Pusat Statistik (BPS) selaku pembina data yang nantinya akan diupload dalam portal Sulteng satu data. 

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa kedepanya Dinas Kominfo melalui bidang statistik akan mengadakan bimtek lanjutan selama tiga hari dengan melibatkan bidang statistik Kabupaten/Kota. 

Bimtek hari kedua ini diikuti oleh peserta berjumlah 47 orang yang terdiri dari pengelola dan pengumpulan data OPD. Dan  yang menjadi narasumber pada Bimtek tersebut adalah Pejabat Fungsional  Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini