Jelang HUT RI Ke- 77, Bakesbangpol Parimo Berbenah

Transsulteng - PARIGI MOUTONG - Demi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Parigi Moutong berbenah. 

Hal itu juga dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Parigi Moutong sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bakesbangpol Parigi Moutong Mohammad Sakti A Lasimpala SPd SE MM MAP saat disambangi di Kantornya, Kamis (21/7/22). 

"Dalam rangka menyongsong Perayaan 17 Agustus 2022 nanti, tentunya secara kelembagaan Bakesbangpol akan melaksanakan apa yang menjadi ketentuan Pemerintah daerah terhadap bagaimana kesiapan dalam menyambut 17 Agustus,"Katanya.

Sakti (sapaan akrabnya) mengatakan, disamping berbanah menghadapi HUT RI terdapat pula kegiatan kegiatan yang dilakukan oleh internal Bakesbangpol. 

"Secara internal, Bakesbangpol melakukan kegiatan kegiatan yang ada kaitannya dengan penyelesaian pencapaian program kerjanya. Tentunya juga mengacu pada target target capaiannya,"Jelasnya.

Tambahnya, terkait dalam rangka menyambut perayaan 17 Agustus, Bakebangpol akan melakukan kegiatan bersih bersih, seperti membersihkan lingkungan Kantor, membenahi Kantor, pengecetan pagar, membersihkan halaman dan lain sebagainya. Ini semua dilakukan kata ia terkait dengan apa yang menjadi rencana dalam rangka menyongsong 17 Agustus. Selain itu kata Sakti, sebagai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik terdapat beberapa fungsi pokok yang harus dipenuhi. 

"Secara inti yang menjadi tugas pokok kesbangpol itu adalah bagaimana menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya misalnya sosialisas dan lain lain," Terangnya. 

Disela wawancara, Sakti turut memaparkan tujuan dari pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat tingkat Kecamatan se Kabupaten Parigi Moutong. 

"Kemarin kita sudah menyelesaikan pengukuhan seluruh forum kewaspadaan dini masyarakat tingkat Kecamatan. Seluruhnya 23 Kecamatan sudah kita kukuhkan. Tujuannya adalah bagaimana memastikan bahwa Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Parigi Moutong dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan umum benar benar terjaga, terjamin dan terupdate data data kerawanannya. Karenanya forum kewaspadaan dini yang telah kami kukuhkan di semua Kecamatan juga tujuannya adalah bisa memberi supporting informasi kepada Pemerintah daerah yang nantinya akan menjadi sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah daerah.

Kata Sakti, langkah langkah kerja seperti itu adalah dalam rangka memastikan bahwa di Penyelenggaraan 17 Agustus 2022 dalam kondisi stabil, daerah Parigi Moutong aman terkendali, semua masyarakat berueforia memperingati kemerdekaan dengan segala kegiatan kegiatan kemasyarakatan.

Lanjut Sakti, kegiatan 17 Agustus Pasca Pandemi Covid- 19 dua tahun kemarin, maka kemungkinan di wilayah wilayah akan ada lomba lomba atau pertandingan yang melibatkan banyak orang. 

Dari pernyataannya tersebut, Sakti menegaskan bahwa Bakesbangpol mempunyai tugas untuk menjamin terlaksananya kegiatan perayaan 17 Agustus yang terkendali, aman dan lancar. 

"Kesbangpol terhadap kegiatan itu harus memastikan bahwa kegiatan yang dikerjakan atau yang dilaksanakan di masing masing wilayah dalam keadaan terkendali. Jangan nanti karena kegiatan itu euforianya berlebihan tanpa ada pengendalian, lalu kegiatan dibuat melibatkan banyak orang dan menyebabkan konflik perkelahian antar desa, antar dusun, antar kelompok masyarakat dan lain lain, maka kita harapkan itu tidak terjadi. Kesbangpol akan memastikan bahwa seluruh kegiatan dilaksanakan dalam rangka 17 Agustus nanti agar dapat terlaksana dalam kondisi aman terkendali. Terlebih khusus untuk kestabilan Kamtibmas di Kabupaten Parigi Moutong," Tegasnya 

Adapun, terkait dengan kesiapan dari Bakesbangkol dalam menyambut 17 Agustus seperti yang diutarakan oleh Sakti telah mencapai angka 70%. 

"Bersih bersih lingkungan sudah sementara kita laksanakan, mungkin inshaAllah di H-3 atau H-5 17an semua sudah selesai. Dan untuk keseluruhan kerja kerja dalam rangka menyongsong 17 Agustus kita sudah mencapai 70% karena semakin mendekati Perayaan 17 Agustus. Kita sudah menggenjot sampai di posisi hari ini sekitar 70an% persiapan persiaoan. Tinggal mungkin OPD lainnya."Ucapnya.

Diakhir wawancara, Sakti mengucapkan harapannya agar OPD lainnya di Kabupaten Parigi Moutong mempersiapkan diri demi memeriahkan perayaan 17 Agustus nanti. 

"Saya berharap juga seluruh lembaga Pemerintah Daerah, Organisasi Perangkat Daerah juga punya kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungannya masing masung, karena itu juga menunjukkan bagaimana antusias memeriahkan kegiatan 17 agustus nanti,"Ujarnya. SD


INAYA SALSABILA/ DISKOMINFO PARIGI MOUTONG

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1