Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wabup Parimo Buka Bimtek Tata Cara Penyusunan Pelaporan Keuangan BUMDesa

Minggu, 24 Juli 2022 | Juli 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-18T16:15:14Z


Transsulteng-Parigi Moutong- Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Parimo melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Tata Cara Penyusunan Pelaporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), bertempat di Aula Kantor DPMD Parimo, Senin (25/7/22).

Saat membuka kegiatan Wakil Bupati (Wabup) Parimo  Badrun Nggai SE menyatakan menyambut baik atas diselenggarakannya Kegiatan BIMTEK tersebut. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk Penguatan Badan Usaha Milik Desa sebab salah satu ciri Desa yang maju itu dilihat dari perkembangan BUMDesa itu sendiri,"Kata Wabup.

Lanjut Wabup, BUMDesa merupakan Lembaga usaha yang didirikan berdasarkan Peraturan Desa dan peranannya akan semakin Penting Kedepannya karena BUMDesa menjadi Penyumbang Pendapatan Asli Desa itu sendiri. 

Wabup katakan, BUMDesa juga memiliki Peran sebagai roda penggerak perekonomian di Desa dan memiliki dua orientasi ekonomi yaitu orientasi ekonomi bagi BUMDesa dan juga orientasi ekonomi bagi masyarakat Desa.

Sambung Wabup, pada orientasi ekonomi BUMDesa berperan sebagai entitas Bisnis yang beroperasi untuk menjalankan usaha ekonomi pada berbagai bidang seperti usaha dagang, jasa dan produksi.

Dari semua usaha tersebut kata Wabup bertujuan untuk menghasilkan nilai lebih agar kelangsungan hidup Badan Usaha Desa dapat tetap terjaga 

"Jaminan terhadap kelangsungan hidup usaha BUMDesa tidak terbatas, karena merupakan unit usaha yang dapat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Desa tetapi juga sebagai motor penggerak ekonomi bagi masyarakat Desa sehingga penting bagi semua pihak untuk mengembangkan BUMDesa,"Tuturnya.

Wabup berharap BUMDesa kedepannya dapat Mandiri dengan pengelolaan keuangan yang baik dan terarah.

"Olehnya sangat diharapkan pengelolaan BUMDesa dapat memenuhi kewajibannya seperti menyusun laporan keuangan, karena berdasarkan laporan keuangan ini dapat menentukan kinerja keuangan, volume usaha BUMDesa serta jumlah yang akan dibagikan kepada para pemberi modal bagi hasil ke Pemerintah Desa atau Hasil usaha Desa,'Jelasnya.

Melihat pentingnya hal tersebut, Wabup Badrun menghimbau kepada seluruh peserta BIMTEK agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik baiknya dan memahami setiap materi yang diberikan, sehingga output dari kegiatan itu benar benar bermanfaat bagi para pengurus BUMDesa dalam upaya memajukan pengelolaan BUMDesa dan memiliki manfaat Blbagi peningkatan perekonomian masyarakat. KOMINFO PARIMO/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini