DPKP Parimo Canangkan 5 Program Unggulan tahun 2022

Transsulteng - PARIGI MOUTONG - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada tahun 2022 ini telah mencanangkan 5  program kerja unggulan yang tengah dalam upaya perealisasian. 

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu staf yang menangani Perencanaan DPKP Parimo Rahmat SP saat di temui ruangan kerjanya Rabu (3/8/22). 

"Program yang kita laksanakan di tahun 2022 ini ada 5. Pertama program penunjang urusan Pemerintahan Kabupaten Parimo terkait dengan kegiatan rutin Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. Kedua program pengembangan perumahan, program pengembangan perumahan ini ada yang untuk program penataan usaha runsus biasanya anggaran pembangunannya kita ajukan ke Pusat APBN dan mereka turun langsung untuk meninjau. Ketiga program kawasan permukiman, kalau program ini ada yang kita khususkan yaitu tentang pembangunan jalan lingkungan dan perbaikan rumah tidak layak huni. Perbaikan rumah tidak layak huni ini kalau untuk APBDnya biasanya tidak mencukupi, tapi biasanya ada bantuan dari DAK APBN, dan dari Dinas Provinsi. Keempat  program peningkatan sarana prasarana dan fasilitas umum yang berbicara tentang penyediaan sarana. Biasanya untuk program ini kita dapat anggaran untuk pembagunan drainase yang biasa kita lakukan di kawasan pemukiman kumuh. Kelima program peningkatan pelayanan sertifikasi, klasifikasi dan registrasi. Program ini berbicara tentang pembiayan. Itulah program yang sedang kami laksanakan untuk tahun ini,"  Jelasnya 

"Kita tetap akan tetap menuntaskan kelima program ini, cuma biasakan ada output fisik yang ada di program kawasan permukiman tentang seatplan yang keluarannya itu berupa jalan pemukiman, terus dipenyediaan sarana dan prasarana itu keluarannya drainase," Tambahnya. 

Rahmat juga menambahkan, berdasarkan dari pengalaman tahun tahun sebelumnya, jika  dibantu anggaran APBN dapat melampaui target, tetapi jika hanya menggunakan APBD biasanya tidak mencukupi. 

Adapun untuk pencapaian target tahun ini kata Rahmat masih belum dapat dievalusi , karena masih dalam tahap pelaksanaan program program tersebut. 

"Harapan kami, realisasi dari program yang telah kita rencanakan dapat memuaskan dan mencapat target  serta ke depannya anggaran dari program tersebut dapat terpenuh" Ujarnya. 

INAYA SALSABILA/ DISKOMINFO PARIGI MOUTONG/Windy

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1