" Kodim 1304/Gorontalo Launching Kampung Pancasila Di Kelurahan Limba U-II"


TransSulteng-Gorontalo- Sebagai bentuk menumbuhkan semangat masyarakat dalam mengamalkan dan menghayati nilai - nilai pancasila, Kodim 1304/Gorontalo melaksanakan launching Kampung Pancasila, hal tersebut merupakan inisiasi dari Presiden Repupblik Indonesia Ir. Jokowi Widodo kemudian diimplementasikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

"Kodim 1304/Gorontalo melaunching Kampung Pancasila merupakan perwujudan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dan kita pilih disalah satu Kelurahan Limba U-II ini di Jl. Meranti Kel. Limba U-II Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo" ungkap Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Arif Munawar, S.E., M.M, pada Senin (15/8/2022).

Kegiatan diawali dengan sambutan Wakil Walikota Gorontalo Rian F.Kono. B.Com menyampaikan Kami atas nama Pemerintah Kota Gorontalo prinsipnya sangat mengapresiasi kegiatan launching Kampung Pancasila ini karena mengingat kita adalah Ibukota Provinsi dengan kondisi kemajemukan masyarakatnya yang sangat beragam terdapat juga berbagai macam Etnis dan Ras dan itu dibungkus dalam rangka dalam bingkai keberagaman adat dan budaya yang kita miliki dan itu harus kita syukuri perbedaan tersebut.

Bagaimana kita harus saling menghormati satu sama lain dimusyawarahkan secara kekeluargaan secara gotong royong jadi kami berharap dengan adanya pencanangan Kampung Pancasila ini tentu dapat mengingatkan mengenai ideologi Pancasila yang menjadi dasar hidup masyarakat Sila Pertama sampai Sila Kelima intinya adalah kita harus hidup bersama dan juga harus saling bertoleransi khususnya di Kota Gorontalo ini dengan kondisi masyarakat yang beragam.

"Tentu kami juga berharap setelah kita tahu Pancasila 1 sampai 5  kita mengamalkan Pancasila tersebut karena itu akan membuat pencegahan terhadap radikalisme dan intoleransi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita," ucapnya.

Rian F. Kono menjelaskan adapun manfaat dari kegiatan ini agar membuat kita bisa rukun dan damai karena kita ketahui bersama permasalahan di masyarakat sangat cukup Kompleks karena di dalam satu Kompleks saja ada berbagai macam karakter ada berbagai macam pikiran jadi dibutuhkan kebesaran hati dibutuhkan kesabaran dibutuhkan persatuan dan kesatuan agar kalau ada masalah yang tadi saya sampaikan bisa dimusyawarahkan secara kekeluargaan dan diselesaikan secara bergotong-royong.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1304/Gorontalo menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan sehingga Kelurahan Limba U-II menjadi Kampung Pancasila, salah satunya dari 50 Kelurahan di Wilayah Kota Gorontalo, bahwa di Kel. Limba U-II Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo sebagai Project ataupun contoh Kampung Pancasila.

"Untuk diketahui, Kodim 1304/Gorontalo Korem 133/NW mengadakan launching Kampung Pancasila Kampung ini salah satu dari sekian kampung yang berprestasi baik dari segi tingkat kriminalnya 0 %," imbuhnya.

Berarti sangat bagus kemudian juga masuk kampung ataupun Kelurahan yang berprestasi yang ditingkat Nasional, Limba U-II ini masuk juga kategori dari segi masyarakatnya juga rukun, disitulah kami menentukan ataupun menjadikan lonceng Kampung Pancasila ini di Kel. Limba U-II Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. 

"Jadi apa tujuannya Kampung Pancasila ini tentunya sudah disampaikan oleh bapak Wakil Walikota jadi memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Ideologi kita Pancasila tidak hanya di tingkat pemahaman saja, disitu juga Mentrigger ataupun memantik minat masyarakat untuk tidak hanya memahami tapi mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila itu dalam kehidupan sehari-hari Karena itu sudah kesepakatan konsensus, pandangan hidup bangsa dengan bahasa kerennya Way Of Life," tegas Dandim.

Letkol Inf Arif Munawar mengatakan dari Sabang sampai Merauke disitu keberagaman Pancasila jadi perekat kehidupan menjadi pandangan hidup bangsa dan jadi dasar falsafah negara, salah satunya ialah di desa ini memiliki heterogenitas dari aspek sosial kemasyarakatannya. Serta beberapa unsur lembaga pemerintah membantu dalam menanamkan nilai nilai wawasan kebangsaan di daerah ini.

Kegiatan Ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian memeriahkan dan memberikan penghargaan bagi Kampung yang memeriahkan Penyambutan HUT RI Yang Ke-77 Tahun 2022 yang diselenggarakan Kodim 1304/Gorontako Korem 133/Nani Wartabone.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Kota Gorontalo AKBP Ardi Rahananto, S.E., S.I.K., M.Si, Kakesbangpol Kota Gorontalo Arifin Mahamad, Para Pasi Kodim 1304/Gorontalo, Camat Kota Selatan Sumaryadi Tome SSTP MSI, Lurah Limba U-II Kec. Kota Selatan Marzuk Thalib S.I.P dan  Masyarakat Kel. Limba U-II-lp- suardi

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1