Tambang Emas Buranga Diminta Dikelolah Secara Tradisional


TransSulteng-Parigi,-- Salah satu pemuda Ampibabo, Mamudin mengharapkan agar pemerintah mencarikan solusi untuk penambangan di Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong, agar bisa dikelolah secara tradisional.

“Tambang emas ini ibarat piring makan kami.Jika ilegal, berikan juga solusi bagi kami yang mengais kekayaan alam secara tradisional,” ujarnya via telpon seluler nya, Rabu (17/8-2022).

Mahmudin mengaku bahwa harapan para penambang emas tradisional yang disampaikan tidak bermaksud menentang ataupun melawan aparat penegak hukum, namun sebagai aspirasi yang patut diperhatikan dan didengar pula oleh pemerintah setempat.

Menurutnya, untuk pengelolaannya harus berdasarkan aturan yang jelas pula, sehingga pemanfaatannya benar-benar mensejahterakan masyarakat sekitar, bukan kalangan tertentu.

Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulteng, Rahmansyah Ismail menegaskan bahwa aktifitas penambangan di Desa Buranga adalah ilegal.

"Belum ada izinnya, jika ada aktifitas penambangan berarti ilegal," kata Rahmansyah, kepada wartawan usai kegiatan HUT RI di kantor Gubernur Sulteng, Rabu (17/8).lp-Sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1