Notification

×
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Gubernur Terima Penyematan Pin Kehormatan Pamong Praja IPDN.

Sabtu, 17 September 2022 | September 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-20T11:58:20Z



Transsulteng-Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura secara resmi menerima penyematan pin kehormatan Pamong Praja IPDN dari Ketua DPN IKAPTK yang juga Dirjen OTDA, Dr. Drs. Akmal Malik M.Si disaksikan Mendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian MA, PH.D dalam acara kongres ke-III, DPP Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sulawesi Tengah Tahun 2022 bertempat di Aula Pertemuan Hotel Santika Palu, Sabtu 17 September 2022.

Dengan disematkannya Pin kehormatan tersebut maka bertambah seorang lagi gubernur yang terdata dalam IKAPTK, "sebut Mendagri"

Lebih lanjut Mendagri menyampaikan berdasarkan data alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan terdapat beberapa jabatan strategis di lingkup pemerintah dan pemerintah daerah.

Jabatan dimaksud yakni ; Menteri 3 orang,  anggota DPR RI 3 orang, Gubernur 4 orang, wakil gubernur 2 orang, Bupati 29 orang, Walikota 5 orang serta beberapa pejabat tinggi lainnya.

Lebih lanjut Mendagri menyampaikan Jumlah alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan (diploma dan sarjana) tahun 2022, sebanyak 31.326

Para alumni IPDN diharapkan menjadi agent of change dari 3.992.766 orang PNS dan 351.786 PPPK

Di sisi lain Mendagri menilai terdapat beberapa kelemahan birokrasi di Indonesia yakni ; rumit, korup, feodal, kurang kreatif, kurang berpikir out of the box, sangat normatif, kalau bisa dipersulit kenapa harus dipermudah dan hal tersebut membutuhkan reformasi birokrasi dalam ASN. Untuk itu alumni IPDN diharapkan dapat menjadi kader dan agen perubahan

Lebih lanjut Mendagri menyampaikan alumni IPDN memiliki beberapa keunggulan yakni ; memahami pemerintahan, telah menjalani pelatihan mental, disiplin, loyalitas dan militansi serta kesehatan relatif bagus

IPDN lanjut Mendagri telah membuat terobosan baru yakni ;

1. Memperkuat budaya yang baik disiplin, bersih dan tepat waktu

2. Menghilangkan budaya yang buruk, kekerasan dan loyalitas buta

3. Memasukkan kurikulum pendidikan anti korupsi,

4. Kewirausahaan dan ilmu-ilmu pengetahuan baru yang berkembang. Tidak hanya terpaku pada materi lama yang itu saja tapi mengupdate materi sesuai dengan perubahan saat ini

5. Mengundang pembicara terutama kalangan praktisi, pejabat negara pejabat pemerintah daerah dan non pemerintah yang sukses

6. Mendorong lulusan IPDN melanjutkan studi S2 dan S3 terutama beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan ke luar negeri

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penyematan Pin kehormatan Pamong Praja IPDN dan secara resmi membuka kongres ke-III Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan tujuan kongres daerah IKPTK untuk menetapkan pengurus dan program kerja periode mendatang di samping sarana silaturahmi untuk memperkuat semangat persatuan alumni dan pengabdian kepada daerah nusa dan bangsa.

"Selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah saya menyambut baik dan mengapresiasi kongres IKAPTK Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2002," sebut gubernur.

Gubernur berpesan kepada seluruh alumni agar di mana pun ditempatkan alumni harus yang paling menonjol kinerjanya dan menjadi teladan bagi ASN karena sebagai alumni Gubernur meyakini mempunyai kelebihan dalam hal pemikiran ucapan dan tindakan.

Gubernur berharap dari Kongres dapat dilahirkan pemikiran cerdas dan kreatif untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang relevan dengan visi misi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju pada khususnya.

IKAPTK diharapkan dapat mendorong realisasi praktek praktek reventing government atau kewirausahaan birokrasi di pemerintahan provinsi Sulawesi Tengah yang mana di era otonomi dan revolusi industri 4.0 birokrasi pemerintah daerah dituntut adaptif, kreatif dan mandiri serta mampu berkolaborasi dengan swasta mengelola potensi Sulawesi Tengah secara optimal, sebagai negeri yang kaya dan satu-satunya provinsi di Sulawesi Tengah dengan karunia 8 jenis tambang.

"Saya minta alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan supaya berharmonisasi dan bersinergi maksimal sehingga dapat memberi andil bagi peningkatan fiskal daerah, menurunkan kemiskinan dan stunting serta menciptakan lapangan kerja di masyarakat," tutup gubernur mengakhiri sambutannya.

Hadir pada kesempatan itu Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, ketua DPN IKAPTK, ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, unsur Forkopimda, Bupati Donggala, Bupati Sigi, Wakil Walikota Palu, pimpinan OPD, ketua dewan pengurus Kabupaten/kota IKAPTK serta pihak terkait lainnya.

Biro Administrasi Pimpinan/Sd

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini