Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satu Data Indonesia, BPS Parimo Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

Kamis, 22 September 2022 | September 22, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-18T16:07:29Z


Transsulteng-Parigi Moutong -Program Satu data untuk Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pencatatan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, bertempat di Hotel Ludya Kampal (22/9). 

Rakor tersebut mengangkat tema *"Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat"*

Kepala BPS Parigi Moutong Simon Antolis SSi MM  menyebutkan, Regsosek merupakan Sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk Kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat Desa dan Kelurahan, sehingga pihaknya akan melakukan Pendataan Regsosek dimulai 15 Oktober 2022 hingga 14 November 2022, dengan melibatkan 719 personil petugas pendataan.

"Insya Allah BPS akan melakukan pendataan Regsosek melibatkan 719 personil petugas pendataan sebagai mitra BPS, dengan rincian Petugas Pendataan Lapangan (PPL) 548 orang, Petugas Pemeriksaan Lapangan (PML) 146 orang, Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) 21 orang (organik BPS), dan Penunjuk Jalan/Ketua SLS (RT) 4 orang”, kata Simon Antolis. 

Wakil Bupati Parigi Moutong  H Badrun Nggai SE mengatakan, Regsosek adalah bagian dari Reformasi sistem perlindungan sosial dan konsepnya telah dirancang oleh Bappenas sejak tahun 2020.

"Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. Bantuan Sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial,

 harus kita salurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul betul membutuhkan," Tuturnya. 

Wabup Badrun menambahkan, Regsosek adalah Pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial, sehingga kata ia ini menjadi informasi yang komprehensif dan memungkinkan Regsosek  bisa mendongrak ekonomi dan penigkatan kesejahteraan setiap penduduk serta meningkatkan ketepatan sasaran program program Pemerintah, "Jelasnya.

Sambung Wabup, data Regsosek yang lengkap juga akan mendukung program pemberdayaan ekonomi, penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan serta program lain untuk mendorong potensi pembangunan di pusat maupun daerah.

"Regsosek juga salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia. Jadi Regsosek membantu mewujudkan Indonesia membangun secara inklusif,"Tandasnya.

Jum'at (23/9/22). 

Naskah : BPS Parigi Moutong:diskominfo

Parigi Moutong/Ruslan-windy


×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini