Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemda Buol Lounching Sle-RTLH Untuk Target Pembangunan Rumah Layak Huni

Senin, 07 November 2022 | November 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-15T14:35:21Z


TransSulteng-Sekertaris Daerah Kabupaten Buol Drs. Suprizal Jusuf,MM,bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dalam agenda Lounching sistem informasi elektronik rumah tidak layak huni (Sle-RTLH) dan Sosialisasi gerakan membangun rumah layak huni,bertempat di Aula lantai II Kantor Bupati Buol,Senin (7/11/2022).

Kegiatan ini di buka oleh Kepada Dinas perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Buol Darsyat,S.T,yang di dampingi oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Buol Drs.Suprizal Jusuf,MM.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Asisten I,Asisten II dan III,Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Buol Abdullah Mangge,S.Ag,Camat Biau,Bokat,Bukal, Karamat,serta puluhan Kepala-Kepala Desa di beberapa kecamatan tersebut.

Tampil sebagai pembaca doa pada kegiatan tersebut adalah Masri Lamaka,S.Ag.

Dalam pembukaan kegiatan Lounching Sle-RTLH tersebut, Kadis Perkim Darsat,S.T, mengatakan, "Saat ini adalah era globalisasi dimana yang menjadi peranan adalah Internet.bila kita tidak menguasai aplikasi dan pengoperasiannya maka kita akan ketinggalan zaman. Kita tidak tahu mengoperasikan Laptop kita ketinggalan informasi sehingga itu yang menjadi tolak ukur dan dasar kami. Kenapa aplikasi ini penting? Agar kita tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Yang menjadi permasalahan adalah ketika kita di mintakan data yang pernah terjadi sampai berhari-hari kita menunggu sebab mungkin ada keterbatasan kemampuan dari personil.sebelumnya saya telah menggagas ini saat saya di lantik sebagai Kadis Perkim beberapa waktu yang lalu tetapi waktu itu saya di dinas Perkim hanya 3 bulan sudah di pindahkan lagi Ke Dinas lain. Alhamdulillah saya kembali lagi ke sini dan dapat melanjutkan apa yang sudah menjadi program saya.

Pada tahun 2023 nanti sistem 1 data akan di berlakukan.yaitu data sistim Sosial ekonomi itu menjadi 1 data dan berpusat di statistik.

Tetapi untuk data Perumahan kita sudah komitmen dengan BPS bahwa data Perkim yang akan di ambil.data Dinas Perumahan Kawasan Permukiman itu semuanya berpusat di Bappenas. Untuk itulah kita perlu menguasai internet" Papar Kadis Perkim.

Selanjutnya Sekda Buol Drs.Moh. Suprizal Jusuf,MM,memberikan sambutan dalam Lounching Sle-RTLH tersebut berbunyi, "Kegiatan ini harus di laksanakan oleh peserta diklat khusus pimpinan tingkat II yang kebetulan tahun ini ikut ada 4 orang,yaitu Asisten III Lani Irawati Salleh,Kadis Perkim Darsat, S.T, Kadis Kesehatan menyangkut SOP terhadap pandemi, dan Kepala BPBD.

Di Kabupaten Buol pada tahun 2019 kurang lebih 11.000 data rumah tidak layak huni dan saat ini sesuai dalam data, tinggal 8.441 unit atau sama dengan 4.708 KK yang artinya sudah ada penurunan yang signifikan pada saat kita melaksanakan secara manual dan saya harap dengan memakai aplikasi ini akan lebih transparan,tepat,serta berorientasi pada Masyarakat.

Tentunya ini saya harap di dukung oleh para Lurah dan Kades,untuk dapat membantu gerakan Perumahan layak huni. Perlu saya informasikan bahwa saat ini ada sekitar 179 rumah yang sementara di bangun melalui bantuan stimulan.dari hasil diskusi kami, tersimpulkan bahwa kementerian juga dalam hal ini melihat desa yang komitmen seperti contoh Jati Mulya yang setiap tahunnya mendapat bantuan,serta Paleleh" Papar Sekda.

Setelah kegiatan ini akan ada perwakilan dari desa dan kecamatan yang akan mengikuti diklat di jakarta khusus untuk target implementasi program tersebut. 

Kegiatan berakhir dengan tayangan slide terkait program Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Kabupaten Buol.(Heny)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini