Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemdes Ogomolos Gelorakan Tanam Mangrove di Pesisir Ogomolos

Sabtu, 19 November 2022 | November 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-20T03:53:59Z


TransSulteng-Parigi Moutong-Pemerintah Desa Ogomolos bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Mepanga, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng menggelar penanaman bibit mangrove di pesisir pantai Ogomolos, Minggu (20/11-2022).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kades Ogomolos Muhammad Nuryanto itu juga melibatkan pihak TNI, Polri, Pemdes Gurinda dan Pemdes Moubang serta pihak MAN, MTs Mepanga dan Karang Taruna Ogomolos.

Kades Ogomolos Muhammad Nuryanto melalui Sekdesnya mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

"Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kedepannya," ucapnya.

Dikatakan, selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan pendukung kehidupan biota laut.

"Jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar," katanya.

Ada pun tanaman mangrove yang ditanam di Pantai Ogomolos hari ini berjumlah 1000 pohon bekerja sama dengan elemen masyarakat beserta semua unsur di wilayah.

"Dalam kegiatan ini kami juga mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sambil memberikan edukasi sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kelesrarian alam dan lingkungan khususnya yang ada dipesisir pantai karena ini adalah tugas kita bersama," pungkasnya.

Dia menambahkan penanaman pohon mangrove manfaatnya sangat besar dapat menjaga pantai dari abrasi dan menjaga iklim karena bisa meningkatkan oksigen demi kelangsungan hidup generasi masa depan.lp -SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini