Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelantikan Pengurus Wilaya ,Persatuan Dokter Gigi Indonesia Masa Bakti2022-2025.

Sabtu, 03 Desember 2022 | Desember 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-03T11:35:23Z


TransSulteng-Palu-Sulawesi Tengah - Gubernur diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah M. Sadly Lesnusa, S.Sos., M.Si menghadiri Pelantikan Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Provinsi Sulawesi Tengah Masa Bakti 2022-2025. Bertempat, di Gedung Pogombo Kantor Gubernur. Sabtu, (3/12/2022)

Selain itu, ini juga dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus PGDI Kabupaten/Kota yakni ; Pengurus PGDI Cabang Palu, Parigi Moutong, Morowali dan Banggai Raya Periode 2022-2025. Dan kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja dan Seminar Ilmiah.

Dalam  sambutanya, Ketua Pengurus Wilayah PGDI Sulawesi Tengah drg. Emma Sukmawati, M.Kes., menyampaikan bahwa jumlah dokter gigi yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah adalah  sebanyak 246 orang. Sehingga PDGI mempunyai tugas yang besar.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan menargetkan tahun 2030 harus bebas karies. Dengan demikian, tentunya PGDI perlu menyiapkan program-program yang tujuan akhirnya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut,Ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup M. Sadly Lesnusa membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa Pelantikan ini merupakan momentum pengurus untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sulawesi Tengah, terlebih kesehatan gigi dan mulut supaya lebih maksimal terjaga karena kesehatan gigi dan mulut turut mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tengah, mengucapkan selamat dan apresiasi atas pelantikan pengurus wilayah pdgi sulawesi tengah dan pengurus cabang pdgi se sulawesi tengah tahun 2022." Kata Kadis Lingkungan Hidup pada kesempatan itu

Untuk itu, ada beberapa hal yang menjadi harapan dan permintaan saya kepada pengurus PDGI se-Sulawesi Tengah, yaitu:

Pertama, tolong jagalah kekompakan dan keharmonisan dari awal dilantik sampai dengan berakhirnya masa kepengurusan; tanamkan kepercayaan dengan membangun dan mengembangkan komunikasi, kebersamaan, kerjasama dan sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain untuk mencegah perpecahan.

Kedua, pengurus PDGI mesti memiliki mindset, apa yang bisa diberikan kepada pemerintah daerah dalam rangka membangun program kebijakan kesehatan daerah yang lebih baik lagi, termasuk dalam rangka menyukseskan percepatan pelaksanaan 6 pilar transformasi sistem kesehatan dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Sulawesi Tengah, terutama dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut di Sulawesi Tengah.

Ketiga, jumlah dokter gigi dan dokter spesialis mulut dan gigi di Sulawesi Tengah masih terbatas dan belum ideal sehingga diperlukan kolaborasi dan sinergitas antara PDGI, Pemerintah Daerah dan Institusi Pendidikan untuk mencari solusi demi terwujudnya pemerataan dokter gigi di Sulawesi Tengah.

"Jika masyarakat kita sehat, maka otomatis usia harapan hidup sulawesi tengah akan bertambah dan pastinya diikuti pula dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulawesi Tengah, sebagai pertanda positif bagi tingkat kemajuan dan kesejahteraan sulawesi tengah." Jelas M. Sadly Lesnusa membacakan sambutan Gubernur 

Di Ahir sambutan, Gubernur berharap agar pengurus PDGI dapat mengedepankan dan melaksanakan pola 4 AS dalam melakukan pengabdiannya, dengan senantiasa kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas supaya PDGI bukan sekedar dijadikan wadah perkumpulan profesi saja akan tetapi dapat menjadi satu sistem dengan berkumpul dan berdiskusi, para dokter gigi dapat memberi gagasan dan sumbangsih sosial yang besar bagi masyarakat sulawesi tengah. 

Adapun nama Pengurus Wilayah PGDI yang dilantik ; Ketua, drg. Emma Sukmawati, M.Kes., M.Si, Wakil Ketua Dr. drg. Elli Yane Bangkele, M.Sc, Sekretaris, Dr. drg. Tri Setyawati, M.Sc, Wakil Sekretaris, drg. Arny Arief Lamaka dan Bendahara, drg. Constantina Aksa Ina.

Selain itu, adapun nama Pengurus PGDI Cabang Kabupaten/Kota yang dilantik diantaranya ; Ketua PGDI Cabang Palu, drg. Lutfiah Sahabuddin, MM, Ketua PGDI Morowali dan Morowali Utara drg. Selviana Tampoma, SP., PM, Ketua PGDI Banggai Raya drg. Sofian Palombo dan Ketua PGDI Parigi Moutong, drg. Junita Indah Purwanti.

Turut hadir : Ketua PGDI Pusat, Kadis Kesehatan Provinsi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Direktur Rumah Sakit Undata, Ketua PDGI Kabupaten/Kota, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan, Stakeholder dan Mitra Kerja.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng/Sd

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini