Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj. Sekda Ikuti Penyerahan KUR Klaster dan Pembiayaan Dana Bergulir Secara Virtual

Senin, 19 Desember 2022 | Desember 19, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-19T18:29:03Z


TransSulteng-Palu- Gubernur diwakili Pj. Sekda Dr. Rudi Dewanto, SE., MM mengikuti Penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster dan Pembiayaan Dana oleh Presiden RI secara simbolis melalui Virtual. Bertempat, di Ruang  Kerja Pj. Sekda Kantor Gubernur. Senin, (19/12/2022)

Pada kesempatan itu, Pj. Sekda Rudi Dewanto didampingi perwakilan Biro Perekonomian, Biro Pembangunan serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng.

Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. Joko Widodo, mengatakan, tantangan ekonomi yang kita hadapi kedepan itu tidak semakin mudah dimana Indonesia dan dunia masih di hantui Pandemi Covid-19, ketidakpastian ekonomi global dan situasi geopolitik yang tidak menentu, sehingga memicu krisis keuangan, energi dan pangan.

"Kita patut bersyukur, pada kuartal ketiga ekonomi kita masih tumbuh 5,72 % dan inflasi kita dikendalikan pada 5,4 %," Kata Presiden RI Joko Widodo mengawali sambutannya

Meskipun dunia sulit, Indonesia masih memiliki peluang untuk tumbuh dan yang paling penting pertumbuhan itu menjaga daya beli masyarakat, membuka lapangan pekerjaan yang luas sektoril utamanya UMKM. 

Dengan memperkuat usaha mikro dan menengah yang telah terbukti menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Saat ini, total Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak 39,4 juta UKM." Ungkap Presiden RI pada kesempatan itu 

Program pembiayaan berbasis ekosistem ini akan sangat baik dan menghubungkan kelompok usaha dengan model agregasi, agregator dan konsolidasi dengan para penjamin pembeli atau off taker. 

KUR Klaster ini dapat dilaksanakan di semua sektor, baik perkebunan rakyat, peternakan rakyat, perikanan rakyat, industri UMKM dan usaha-usaha lain yang memiliki peluang pasar yang besar atau produk-produk unggulan dalam negeri.

"Target saya untuk masuk ke 2024 mencapai diatas 20 juta debitur." Jelasnya

Terakhir, Joko Widodo berharap agar fasilitas pinjaman yang ada dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, dipastikan tepat sasaran dan juga proses penyaluranya transparan dan akuntabel.

Turut hadir : Menteri Perekonomian RI, Menteri Keuangan RI, Menteri Bapenas, Menteri Advokasi dan UMKM, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Gubernur Se- Indonesia dan Direktur Bank Penyalur KUR.

Sumber : Humas Pemprov./SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini