Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plt Askab PSSI Parimo Pimpin Kongres Biasa Penetapan Club-Club Sepakbola

Rabu, 04 Januari 2023 | Januari 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-04T16:33:01Z


TransSulteng-Parigi Moutong- Pelaksana Tugas (Plt) Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Parigi Moutong (Parimo) Drs Ismail Pangeran MPdI pimpin jalanya Kongres biasa  untuk penetapan Club Club Sepakbola Askab di 23 Kecamatan. 

Kongres biasa itu di gelar di gedung pertemuan Sekretariat KONI Parimo, Rabu (4/1/2023). 

Ketua Komite Banding Panitia Kongres Askab PSSI Parigi Moutong Moh Sakti Lasimpala SPd MM MAP mengatakan, kenapa harus membuat sebuah Kongres? karena Kongres diatur dalam sebuah Statuta PSSI bagaimana mekanisme sampai dengan terpilihnya ketua Askab yang definitif.

Kata Sakti, salah satu mekanisme yang ditempuh adalah bagaimana membuka ruang kepada seluruh pihak baik masyarakat, pecinta olahrga, penggiat olahraga khususnya sepakbola di Kabupaten Parigi Moutong untuk mempunyai hak yang sama dalam rangka bagaimana memajukan dunia sepakbola di Parigj Moutong. 

"Oleh karena itu kami membuka tahapan tahapan, pertama tahapan Pendaftaran di mulai hari ini hingga besok, bagi mereka yang berkeinginan untuk bertarung membangun sepakbola Parigi Moutong sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Exco," Katanya. 

Lanjut Sakti, tahapan selanjutnya pemasukan berkas dan Pemeriksaan berkas. Setelah itu mengesahkan pencalonan setelah diteliti oleh tim dan layak untuk menjadi Calon Ketua, Wakil Ketua dan Exco. Terakhir tahapan Kongres penetapan siapa Ketua, Wakil Ketua dan Exco. 

"Pada saat Kongres kita tidak hanya memilih Ketua saja, tetapi kita tiga kali memilih yaitu memilih Ketua, Wakil Ketua dan Exco. Bapak Bupati berkeinginan memilih 7 orang Exco masuk dalam struktur Kepengurusan Askab, namun lagi lagi bahwa ketentuan Statuta PSSI Exconya hanya 3 orang maka Exco dibagi menjadi 3 bagian, Exco pertama mewakili wilayah Moutong, Exco kedua mewakili wilayah Tomini Raya dan Exco keriga mewakili wilayah Parigi"Jelasnya.

Kata ia, yang wilayahnya Kecamatan Sausu sampai Kecamatan Kasimbar diwakili Kecamatan Parigi. Untuk wilayah dari Kecamatan Mepanga sampai Kecamatan Tinombo Selatan diwaliki Tomini Raya, dan untuk  wilayah Kecamatan Ongka Malino sampai Kecamatan Moutong diwakili  Kecamatan Moutong. 

"Hari ini kita laksanakan Kongres biasa untuk mengesahkan keanggotaan Club Sepakbola Parigi Moutong yang bernaung dibawah bendera Askab Parigi Moutong. Kenapa perlu disahkan? karena peraturan Kongres yang mempunyai hak kongres adalah mereka mereka yang mempunyai Club Sepakbola resmi sebagai peserta voter siapa yang akan dipilih sebagai Ketua, Wakil Ketua dan Exco Askab PSSI Parigi Moutong,"Ujarnya.

Sementara itu Plt Askab PSSI Parigi Moutong Ismail Pangeran mengatakan, jarang ditemukan sosok seperti Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu yang tidak mempunyai tendensi politik dalam membangun oleharaga khususnya olahraga Sepakbola. 

"Kalau dibilang kepentingan politik, politik apa? Beliau juga tinggal tahun ini menjabat Bupati. Bagi saya itu tidak ada sama skali. Beliau betul betul ingin membangun dan memperbaiki sepakbola di daerah ini. Maka sangat berdosa kita jika ada yang mengatakan seperti itu,"Tegasnya.

Sambung Ismail Pangeran, Bupati Parigi Moutong sangat peduli dengan sepakbola. Sepak bola di Parimo kata ia bisa dipastikan mati suri alias hidup segan mati tak mau. 

Kata Ismail Pangeran, seperti  kata Bupati Parimo menjadi pengurus sepakbola tidak mesti orang yang hobi bermain sepakbola atau mantan pemain sepakbola, tetapi diluar dari itu juga bisa menjadi pengurus sepakbola asalkan mempunyai komitmen yang kuat untuk berbuat memajukan Persepakbolaan di daerah ini.

"Selanjutnya saya akan membacakan tentang penetapan Club Club resmi Parigi Moutong. Memetuskan nama nama Club sepakbola Askab PASSI Parigi Moutong dalam Kongres biasa, dan menugaskan kepada Club anggota Askab PSSI Parigi Moutong yang baru akan mengikuti kompetisi seleksi yang dibuat oleh Askab Parigi Moutong,"Katanya.

Berikut lampiran Surat Keputusan Plt Askab PSSI Parigi Moutong nomor 8/KG-Askab PSSI/PM/II-2023 tanggal 4 januari 2023 tentang nama nama Club Anggota baru Askab PSSI Parigi Moutong tahun 2013. yang disahkan :

1. PS Sausu Raya

2. PS Balinggi Jaya

3. Torue FC

4. Parigi Selatan FC

5. Parigi FC

6. PS Tanah bangkalan Parigi Barat

7. PS Parigi Tengah

8. Parigi Utara FC

9. PS Berkah Siniu

10. Ps Ampibabo

11. Persito Toribulu

12. Kasimbar Selection 

13. PS Tinombo Selatan

14. Cendrawasi Sidoan

15. PS Tinombo Putra

16. PS Yelumun Palasa

17. PS Batu Raja Tomini 

18. PS Persema Mepanga

19. PS Kolam Susu Junior Ongka

20. PS Persibol Bolano

21. PS Bhineka Lambunu

22. PS Persita Taopa

23. Persimo Moutong. 

Ditetapkan di Parigi pada tanggal 4 Januari 2023 Kongres biasa Askab PSSI Parigi Moutong Pimpinan Sidang Plt Askab PSSI Parigi Moutong Ismail Pangeran, Sekretaris Moh Sakti Lasimpala, dan Anggota Mahfudz. 

DISKOMINFO PARIMO/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini