Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Asisten II Buka Secara Resmi STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023 Di Kabupaten Tojo Una-Una.

Senin, 08 Mei 2023 | Mei 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-10T05:08:36Z


Transsulteng-Tojo Una una - Gubernur diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto menghadiri sekaligus membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) XXVII Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023. Bertempat, di Arena Utama Jl. Merdeka Kota Bumi Mas Ampana, Kel. Uemalingku Kompleks Kantor Bupati Tojo Una-Una. Senin malam, (8/5/2023)

STQH ini mengangkat tema "Dengan Semangat STQH Ke- 27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Kita Satukan Langkah Untuk Menciptakan Generasi Qur'ani Yang Berkualitas, Menuju Masyarakat Sulawesi Tengah yang Religius, Beriman dan Bermartabat." STQH dimulai pada 8 Mei 2023 sampai dengan 13 Mei 2023 di Ampana Kabupaten Tojo Una-Una. 

STQH ini diikuti oleh 13 Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Tengah dengan jumlah peserta sebanyak 654 orang dengan rincian ; Kab. Tojo Una-Una 30 orang, Kab. Toli-Toli 50 orang, Kab. Buol 50 orang, Kab. Donggala 60 orang, Kab. Sigi 55 orang, Kab. Parigi Moutong 52 orang, Kab. Morowali 50 orang, Kab. Poso 50 orang, Kab. Morowali Utara 47 orang, Kab. Banggai 50 orang, Kab. Banggai Kepulauan 50 orang, Kab. Banggai Laut 50 orang dan Kota Palu 60 orang.

Adapun 4 cabang lomba dalam STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023 yakni ; Cabang Tilawah Al-Qur'an, Cabang Hifzil Hadits, Cabang Tafsir Al-Qur'an dan Cabang Musabaqah Hadits. 

Pembukaan STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 ditandai dengan pemukulan beduk, dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene.

Mengawali laporannya, Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay menyampaikan bahwa atas nama pemerintah dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan di Bumi Sivia Patuju. 

"Alhamdulillah, tahun ini STQH ke- 27 Tingkat Provinsi Sulteng dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una, kami selaku tuan rumah yang dipercaya mengemban tanggung jawab ini mengungkapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan ini."

Selanjutnya, Bupati Tojo Una-Una juga menyampaikan bahwa hal ini sejalan dengan Misi Pertama RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah 2021-2026 yaitu meningkatkan kualitas manusia Provinsi Sulawesi Tengah melalui reformasi sistem pendidikan dan kesehatan dasar serta misi keempat RPJMD 2021-2026 kabupaten tojo una-una yaitu ;   meningkatkan sumber daya manusia, berdaya saing, bertumpu pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan yang berkeadilan.

"Melalui penyelenggaraan STQH ini, kita berikhtiar agar alqur'an diakrabi, dipelajari dipahami dan diamalkan."sebutnya dalam sambutanya 

Untuk itu, Beliau berharap semoga pelaksanaan STQH di Kabupaten Tojo Una-Una ini dapat terlaksana dengan lancar, dapat melahirkan generasi Qur'ani yang mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta serta  mampu menjadi energi dan motivasi bagi masyarakat muslim khususnya generasi muda untuk terus mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. 

Sementara, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan ucapan selamat datang kepada peserta STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023 di Kabupaten Tojo Una-Una. 

Selanjutnya, Asisten II menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada lapisan masyarakat dan dan pemerintah daerah kabupaten tojo una-una, panitia STQH, dan semua pihak, atas dukungan dan sinerginya, sehingga acara pembukaan STQH ke-27 pada malam hari ini dapat terlaksana dengan megah dan meriah.

"Saya menyambut baik dan amat berbahagia dapat dipertemukan, serta bersilaturahmi dengan segenap kaum muslimin dan muslimat, masyarakat kabupaten tojo una-una bersama seluruh peserta STQH ke-27 yang mewakili Kabupaten dan Kota se- Provinsi Sulteng." Ucap Gubernur dalam sambutan tertulisnya 

Salah satu fokus pembangunan bidang agama adalah adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai spritualitas kerohanian di masyarakat, khususnya pada umat islam, yang diantaranya melalui penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an  dan Hadits (STQH) ke-27 tingkat Provinsi Sulteng tahun 2023.

Menurutnya, kegiatan ini memiliki urgensi penting antara lain ; sebagai media pengembangan syiar islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, memperkuat iman dan iman takwa, serta memperluas fungsi-fungsi edukatif kitab suci Al-Qur'an.

Disamping, sejalan dengan tema STQH ke-27 yang diantaranya ingin mewujudkan generasi Qur'ani Sulawesi Tengah yang berkualitas, maka hal ini sangat relevan dengan perintah pada ayat suci al-qur'an yang pertama turun yaitu iqra' yang memiliki arti bacalah.

Dengan demikian, beliau berharap generasi qur'ani tidak hanya sekadar lancar membaca al-qur'an dengan suara indah saja, akan tetapi juga mesti memiliki pemahaman yang mendalam terhadap Al-Qur'an, sehingga kalam ilahi ini bisa diterapkan dengan baik dalam segala lini kehidupan, terlebih khusus dalam visi misi dan program kebijakan gerak cepat membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju.

"Semoga kita semua yang terlibat dalam kegiatan ini, bukan hanya mampu membaca al-qur'an dengan baik dan lancar, akan tetapi mesti mampu memahami, menginternalisasi dan mengamalkan isi dan kandungan al-qur'an secara koheren dan sinergis." Tutupnya 

Adapun rangakaian acara pembukaan STQH XXVII Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023 diawali dengan tarian selamat datang kepada kepala daerah, penampilan Marching Band Sivia Patuju, menyanyikan lagu daerah  Ropo-Ropo oleh paduan suara Kab. Tojo Una-Una, pemutaran video destinasi wisata dan kuliner Kab. Tojo Una-Una, Perkenalan Kafilah Kabupaten dan Kota se-Sulteng. 

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir juara umum STQH dari Kabupaten Morowali Utara yang meraih juara umum pada STQH ke-26 Tahun 2021. dimana penyerahan itu dilakukan oleh Gubernur kepada Bupati Tojo Una-Una Muhammad Lahay, penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan, pengibaran bendera LPTQ Provinsi Sulawesi Tengah oleh Paskibraka Kabupaten Tojo Una-Una. Dan ditutup dengan tarian masal Sivia Patuju. 

Turut hadir : Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Staf Ahli Gubernur, Unsur Forkopimda, Bupati dan Walikota se-Sulteng, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulteng, Ketua LPTQ Provinsi, Kabupaten dan Kota se- Sulteng, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota, Kepala OPD, Sekda Kabupaten Tojo Una-Una, Ketua TP-PKK Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sulteng, Ketua MUI Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sulteng, Dewan Hakim, Ketua Kafilah Stakeholder dan Mitra Kerja. 

Sumber : Humas/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini