Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Audiens Kementerian Koperasi Dan UKM bersama Dinas Koperasi Dan UKM Parigi Moutong.

Kamis, 16 November 2023 | November 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-17T10:47:34Z


TransSulteng-Parigi Moutong -Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menerima audiensi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Parigi Moutong, di Jakarta, Rabu(15/11).

Audiensi tersebut membahas tentang sinergi program KeMenKopUKM 

Turut hadir menghadiri dalam audiensi tersebut Kepala Biro KTI Budi Mustopo, Kepala Biro Mkos 

Ruly Nurdina Sari dan Asisten Deputi Pembiayaan Usaha Mikro Iren Swa Suryani

Kepada Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Parigi Moutong, Sofiana dihubungi via telepon menyampaikan beberapa poin hasil rapat diantaranya pada bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) diantaranya :

1. Mengenai peningkatan SDM bagi pelaku usaha durian, melalui program-program pelatihan yang ada di Kementerian Koperasi Dan UKM, mengingat SDM sebagai individu produktif yang berperan sebagai penggerak usaha sehingga perlu adanya pelatihan pengembangan keterampilan,

2. Mengenai penanggulangan bencana bagi Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, mengingat banyaknya jumlah bencana yang terjadi dan jumlah UMKM yang terkena dampak bencana dalam beberapa tahun terakhir,

3. Mengenai usulan CPCL SHAT lintas sektor 2025 dalam memberikan kekuatan hukum atas kepemilikan hak atas tanah dan memfasilitasi penyediaan asset yang  digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh modal usaha, memfasilitasi dan mempermudah pembiayaan bagi klaster usaha durian melalui KUR.

4. Mengenai bantuan peralatan kemasan produk ukm yang diharapkan mampu meningkatkan omset dan menambah kapasitas produksi.

Sementara itu, pada bidang Koperasi yaitu :

1. Mengenai strategi marger amalgamasi koperasi agar menjadi lebih efektif, mengingat jumlah koperasi di Parigi Moutong yang besar namun dinilai masih kurang efisien dimana masih banyak koperasi yang biaya operasionalnya tidak berbanding lurus dengan biaya layanan yang akhirnya menjadi  kurang kompetitif,

2. Mengenai transformasi digitalisasi sebagai upaya mengubah citra koperasi di Parigi Moutong, mengingat masih kurangnya teknologi digitalisasi yang membuat pemajuan koperasi menjadi sedikit sulit.

Dikatakannya, untuk mewujudkan hal-hal tersebut Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Parigi Moutong berharap dukungan Kementerian melalui pelatihan-pelatihan, bimtek, program magang koperasi, yang memungkinkan koperasi-koperasi di Kabupaten Parigi Moutong dapat berkembang.

Dalam rapat tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi melalui Dinas Koperasi dan UKM mengangkat 4 produk unggulan di Kabupaten Parigi Moutong yakni Durian, Bawang Goreng, Kelor dan Gula Semut.

Sumber : Diskominfo ,Parimo/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini