Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapolsek Liang Inisiasi Dan Pimpin Pembersihan Pantai Di Desa Mamulusan.

Jumat, 12 Januari 2024 | Januari 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-12T11:14:46Z


Transsulteng
- BANGKEP-Kapolsek Liang Polres Bangkep Polda Sulteng Iptu Muh. Ruhil Newton Sugiarto, SH memimpin kegiatan bersih pantai atau Coastal Clean Up, di kawasan pantai Desa Mamulusan Kec. Liang Kab. Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (12/1/2024). 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. "Kegiatan tersebut merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Kapolsek yang merupakan Lokal Boy tersebut.

Lebih lanjut, Kapolsek Liang menegaskan bahwa upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional. Berdasarkan hasil pemantauan banyaknya sampah laut dengan persentase paling besar didominasi oleh limbah rumah tangga berupa sampah plastik. Sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80% berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut. Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif," ujar Kapolsek dengan pangkat balok dua dipundaknya tersebut.


Semangat sinergi dan kolaborasi ini pun bak gayung bersambut, dimana pelaksanaan kegiatan ini juga melibatkan Burung Indonesia bersama-sama Kadis DLH Kab. Bangkep, Anggota Koramil Liang, Staf Kantor Camat Liang, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Kades Mamulusan, KPH, KPA, Pendamping Desa, Siswa SMAN 1 Liang dan Masyarakat Desa Memulusan Kec. Liang. Semoga kerjasama dan sinergitas untuk kegiatan positif yang bermanfaat ini dapat terus terlaksana serta dapat memotivasi masyarakat lainnya untuk ikut andil berperan dan terus membersihkan pantai dan laut guna kemaslahatan seluruh masyarakat, lingkungan dan ekosistem, tutup Kapolsek Liang.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini