Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lagi!,Tungku Smelter Di Kawasan IMIP Terbakar.

Jumat, 19 Januari 2024 | Januari 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-21T04:36:58Z


TransSulteng
- Morowali- Tungku Smelter di salah satu pabrik pengolahan Nikel di Kawasan PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) dikabarkan mengalami kebakaran.

Dikonfirmasi via pesan WhatsApp (WA), Media Relation Head PT. IMIP, Dedy Kurniawan menjelaskan bahwa pada hari Jumat, 19 Januari 2024 sekitar pukul 19.40 Wita, tungku 1 yang berada di Smelter milik PT. Sulawesi Mining Investment (SMI) meluap dan mengakibatkan cairan slag yang berada di dalam meluber dan merambat hingga ke lantai dasar Smelter.

Akibatnya, terjadi paparan panas terhadap jaringan kabel listrik yang ada di area itu. Untuk mencegah terjadinya kebakaran, aliran listrik di Smelter milik PT. SMI lalu dipadamkan. Seluruh karyawan yang bekerja di area tersebut lalu dievakuasi. 

"Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran lalu melakukan penyemprotan untuk mendinginkan cairan slag. Kurang lebih 45 menit cairan slag akhirnya berhasil didinginkan," jelas Dedy.

Atas kejadian tersebut, lanjutnya, ada dua orang karyawan yang dievakuasi untuk mendapatkan observasi dan penanganan. Hasil observasi, tidak ditemukan luka apa pun. Setelah selama kurang-lebih dua jam berada di instalasi klinik PT IMIP, kedua karyawan tersebut diizinkan pulang ke rumahnya masing-masing.

"Situasi saat ini sudah kembali normal. Namun pihak PT. SMI masih menghentikan pengoperasian tungku 1 untuk kebutuhan investigasi dan perbaikan," tandasnya.

Terpisah, Kapolres Morowali, AKBP Suprianto yang dikonfirmasi media ini membenarkan adanya kebakaran pada Tungku Smelter tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu.

"Tidak ada korban, hanya dua orang operator yang terkena asap yang sempat agak sesak nafas, tapi sudah ditangani medis dan tidak ada masalah," tutupnya. (DK)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini