Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TPKAD Kabupaten Parigi Moutong dan OJK Gelar Seminar Edukasi Keuangan.

Jumat, 19 Januari 2024 | Januari 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-20T16:21:32Z


TransSulteng
- Parigi Moutong - Dalam rangka percepatan literasi dan akses keuangan bagi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong, Tim Percepatan Keuangan Akses Daerah (TPKAD) Kabupaten Parigi Moutong bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan di Daerah menyelenggarakan Seminar Edukasi Keuangan kepada masyarakat Desa Pelawa. Bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Desa Pelawa Baru. Jum'at (19/1/2024).

Hadir mewakili Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Mawardin melalui sambutannya mengatakan pentingnya memiliki literasi keuangan yang baik dengan tujuan agar dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mengakses keuangan (inklusi) pada lembaga jasa keuangan formal.

Menurutnya, edukasi literasi keuangan merupakan Program Pemerintah yang didukung oleh institusi keuangan secara Nasional. Program itu dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan publikasi di media massa yang dilakukan secara mandiri maupun bekerja sama dengan OJK. Untuk itu, pentingnya seseorang dalam mengelola keuangan agar dapat mandiri serta mampu memahami dan mengatur keuangan dengan baik.

"Seperti kita ketahui bersama OJK adalah lembaga indepanden yang berperan dalam menyelenggarakan sistem dan pengawasan di sektor keuangan. OJK disini juga memiliki fungsi penyelenggaraan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan sektor jasa keuangan. Dengan fungsi tersebut, secara langsung maupun tidak langsung di OJK memiliki tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Daerah dan Nasional melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan,ujarnya.


Mawardin menjelaskan akses keuangan merupakan dasar seluruh masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, namun hal itu perlu diiringi dengan pemahaman yang baik dari masyarakat. Dengan demikian, upaya untuk mewujudkan keuangan yang inklusif harus diiringi juga dengan upaya untuk mendorong masyarakat yang melek layanan jasa keuangan sehingga masyarakat dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan memahami dengan benar manfaat dan resiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat memenuhi kebutuhannya.

Selain itu,Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong terus berusaha  mengembangkan potensi unggulan melalui TPKAD Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Parigi Moutong. Oleh karenanya perlu dilakukan upaya-upaya konkret dan optimal untuk memudahkan masyarakat memperoleh akses keuangan.

"Dalam Mengakhiri sambutan ini saya berharap kepada seluruh masyarakat yang hadir pada kegiatan ini agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya supaya paham betul tentang OJK dan segala bentuk investasi, serta produk dan layanan jasa keuangan, yang nantinya dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari serta bermanfaat bagi orang-orang disekitarnya dan lebih dirasakan oleh banyak orang khususnya masyarakat Kabupaten Parigi Moutong,". Harapnya. (SD)

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini