Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pj Bupati Minta Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Terus Turunya Angka Stanting di Buol.

Rabu, 28 Februari 2024 | Februari 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T01:32:09Z


TransSulteng
- Buol – Dalam penanganan percepatan Turunya angka stanting di Kabupaten Buol, berdasarkan Peraturan   Presiden Nomor 72 Tahun 2021. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Buol Drs. M. Muchlis, MM menghadiri Rapat Evaluasi menetapkan lokus Stunting tahun 2024, di aula kantor Bappeda-Litbang Kabupaten Buol, Rabu (31/01/2023).

Dalam rapat tersebut Pj. Bupati Buol secara tegas meminta informasi kepada semua OPD, khusunya OPD yang berkaitan langsung dengan masalah stanting, sudah sejauh mana terkait langkah konkrit yang telah diambil dalam penanganan stunting tahun 2023. 

Kemudian Muchlis juga menyoroti sumber data yang digunakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, agar benar-benar  keakuratan data sebagai dasar pengambilan keputusan yang strategis.

Dalam evaluasi tersebut para OPD memberikan keterangan di hadapan Pj. Bupati Buol bahwa jumlah kasus stunting di Kabupaten Buol pada tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan, Rizal Naukoko, S.Si.Apt., M.Si, selalu Dinas yang banyak terlibat langsung dalam soal turunya angka stanting, "menjelaskan bahwa sumber data yang digunakan untuk penanganan stunting adalah Sistem Surveilans Gizi Indonesia (SSGI) dan e-PPGBM. Kadis Kesehatan juga memberikan penjelasan terkait peran posyandu dalam menangani stunting. Ia menekankan perlunya peningkatan upaya-upaya untuk mendorong kunjungan masyarakat ke posyandu sebagai langkah efektif dalam mengatasi stunting.

Rapat ini menciptakan landasan kuat untuk mengarahkan langkah-langkah penanganan stunting yang lebih terarah dan efektif di Kabupaten Buol pada tahun 2024. Keberlanjutan sinergi antar instansi dan partisipasi aktif masyarakat diharapkan menjadi kunci kesuksesan dalam mencapai target percepatan penurunan stunting yang telah ditetapkan.

Turut hadir dalam rapat ini, Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buol, Lani Irawati Saleh, SE.Ak., M.Si; Kadis Kesehatan, Rizal Naukoko, S.Si.Apt., M.Si; Kepala Bappeda-Litbang, Wahyu Setyabudhi, SH., MH; Kadis Kominfo Standi, Suondo D. Sanua, S.Sos; Kadis Perikanan, Moh. Kachfi Marjuni, S.Pi., M.Si; Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perkim), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kemenag Buol, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), serta anggota Tim Pengendali Program Penurunan Stunting (TPPS) lainnya.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini