Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Forum Penyusunan RKPD Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2025

Selasa, 26 Maret 2024 | Maret 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-26T10:29:55Z


TransSulteng
- Parigi Moutong - Pemerintah Kabupaten  Parigi Moutong melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong menyelengarakan kegiatan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Parigi Moutong. Bertempat di Aula Bappelitbangda. Selasa (26/3/2024).

Hadir mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra Kabupaten Parigi Moutong Mawardin, menyampaikan tujuan pelaksanaan forum lintas perangkat daerah ini untuk memfasilitasi koordinasi dan kerjasama antara perangkat daerah dan guna mendukung pembangunan dalam skala prioritas maka harus melalui proses penyusunan RKPD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2025.

Dalam forum ini perangkat daerah dapat membahas dan memprioritaskan program dan kegiatan pembangunan yang akan diangkat dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

"Kegiatan forum ini dilaksanakan secara lintas perangkat daerah dengan pembahasan tematik yang berfokus pada upaya, pengetasan kemiskinan, peningkatan ketahanan pangan daerah, percepatan penurunan stunting, dan pengembangan kawasan" ungkapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama,adapun poin penting yang menjadi perhatian dalam menyusun rencana kerja tahun 2025 yaitu antara lain penyelarasan program/kegiatan organisasi perangkat daerah dari hasil musrenbang desa dan kecamatan, pokok-pokok pikiran DPRD, serta melihat skala prioritas dan perkiraan kemampuan anggaran daerah dan hasil evaluasi dari pelaksanaan rkpd tahun-tahun sebelumnya.

Dalam pengusulan program/kegiatan, organisasi perangkat daerah agar tetap melihat kondisi dan dinamika yang berkembang dan kemudian dituangkan kedalam suatu kegiatan dengan konsep inovasi- inovasi pelayanan yang lebih baik, karena bagaimanapun juga, inovasi daerah adalah suatu keharusan dalam konsep daerah yang lebih maju.

Untuk itu, kepada instansi terkait khususnya Bappelitbangda, agar terus melakukan pendampingan kepada perangkat daerah dalam penyusunan dan pembahasan program atau kegiatan tahun 2025 serta mengawal hasil rumusan hari ini sampai ke tahap- tahap selanjutnya.

Melalui kesempatan itu,  Mawardin berpesan kepada seluruh perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong agar dapat mengidentifikasi serta menyeleksi dengan baik setiap usulan pembangunan sehingga target strategis pembangunan daerah yang menjadi sasaran utama dapat tercapai. 

"Harapan saya melalui sumbangsih saran dan masukan dari segenap pemangku kepentingan, yang dilandasi dengan itikad dan semangat yang baik, maka RKPD dan Renja perangkat daerah tahun 2025 berdampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Parigi Moutong.

Sementara itu, Kepala Bidang Dalfas dan Perencanaan Makro, Iqbal Karim Dalam Laporannya mengatakan ada beberapa mekanisme penyelengaraan kegiatan itu, yakni tentang pemaparan materi dan diskusi diantaranya :

1. Pemaparan rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong sesuai dengan prioritas daerah.

2. Membahas program dan kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka penajaman indikator, sinkronisasi program dan perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong berdasarkan tematik/kegiatan :

•tematik pengentasan kemiskinan

•tematik peningkatan ketahanan pangan daerah

•tematik percepatan penurunan stunting

•tematik pengembangan kawasan

3. Tanggapan dan masukan peserta forum perangkat daerah dan lintas perangkat daerah kabupaten parigi moutong dan,

4. Pemaparan hasil-hasil diskusi dihadapan seluruh peserta forum perangkat daerah dan lintas perangkat daerah Kabupaten Parigi Moutong, untuk memperoleh tanggapan dan diputuskan menjadi satu kesatuan rangkuman hasil sidang kelompok forum perangkat daerah dan lintas perangkat Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

Turut menghadiri kegiatan, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra, Kepala Bappelitbangda, Anggota DPRD, Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Seluruh Camat Se-Kabupaten Parigi Moutong, serta Pejabat Terkait Lainnya.


Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Narahubung : Nur/Riska.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini