Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sekdaprov Melepas Secara Resmi Tim Safari Ramadhan Pemprov Sulteng

Sabtu, 16 Maret 2024 | Maret 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-16T19:48:18Z


TransSulteng
- Palu - Gubernur diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Novalina menghadiri sekaligus melepas secara resmi Tim Safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah dan dirangkaikan dengan buka puasa bersama.  Bertempat, di Mesjid Al-Muhajidin Kantor Gubernur. Sabtu sore (16/3/2024)

Adapun tema Safari Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi adalah "Dengan Ibadah Puasa Pada Bulan Suci Ramadhan Kita Perkuat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah Menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju."

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Tengah dan Kementerian Agama Wilayah Sulawesi Tengah. 

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Novalina membacakan sambutan tertulis Gubernur menyampaikan bahwa Safari Ramadhan merupakan sarana untuk membangun kedekatan dan memelihara silaturahmi antara pemimpin, masyarakat dan ulama serta sebagai sarana menyerap aspirasi seputar pelaksanaan pembangunan di tiap wilayah Kabupaten dan Kota.

"Saya bersyukur dan larut dalam kebahagiaan dengan kembali dilaksanakannya Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah."Ucap Novalina .

Selain itu, Novalina juga mengungkapkan, beberapa pencapaian pembangunan Sulawesi Tengah pada tahun 2023 yakni ;  penurunan kemiskinan ekstrem dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada tahun 2023, penurunan tingkat pengangguran terbuka dari 3,75 persen tahun 2022 menjadi 2,95 persen tahun 2023, sehingga sulawesi tengah masuk ke dalam 5 besar daerah di indonesia dengan tingkat pengangguran terbuka terendah.

Lanjut, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 tahun 2022 menjadi 71,66 tahun 2023, pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5 persen, realisasi investasi tertinggi nomor 3 secara Nasional, yang diikuti pula dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. dari tadinya hanya berkisar 900 miliar rupiah per tahun, mampu ditingkatkan hingga menyentuh angka 2 triliun rupiah pada tahun 2023.

"Saya harap dapat disampaikan kepada masyarakat, sebab pencapaian tersebut bisa kita raih berkat kerjasama dan dukungan semua stakeholder, utamanya masyarakat."Ujar Sekdaprov.

Ia juga berpesan, Tim Safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah untuk selalu mengedepankan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Kabupaten dan Kota. 

Untuk itu, melalui Sekdaprov Gubernur berharap, hendaknya dakwah yang disampaikan para Da’i memuat motivasi dan bimbingan islami untuk mengajak umat islam mengisi puasa ramadhan dengan aneka kegiatan ibadah dan kegiatan sosial yang bermanfaat, serta dapat menyelipkan pesan-pesan pembangunan ke dalam ceramah agama singkat. 

"Insya allah, bulan ramadhan yang kita jalani menjadi ramadhan yang sukses dan mendapatkan predikat taqwa dan semoga amalan kita yang sudah kita raih tetap kita pertahankan hingga bulan-bulan berikutnya."jelasnya.

Adapun  Kabupaten dan Kota yang akan dikunjungi Tim Safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah yakni ; Parigi Moutong, Toli-Toli, Buol, Donggala, Sigi, Kota Palu, Morowali, Morowali Utara, Tojo Una-Una dan  Poso, Banggai, Banggai Laut, Banggai Kepulauan. 

Turut hadir : Unsur Forkopimda Sulteng, Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng, Ketua TP-PKK Sulteng, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Para Alim Ulama, Da'i Tim Safari Ramadhan,  Tokoh Masyarakat serta pejabat terkait lainya.



Sumber : PPID Utama/Humas Pemprov. Sulteng, Dinas Kominfosantik. 

Narahubung : Ahyain (082251271042)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini