Wagub Sulteng Melakukan Penanaman Pohon Dan Penyerahan Bantuan Alat Ekonomi Produksi Didesa Bubung Kabupaten Banggai





TRANS SULTENG-PALU, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Mamun Amir bersama rombongan melakukan Penanam Pohon dan Penyerahan Bantuan Alat Ekonomi Produksi di Wilayah KPH Balantak dan KPH Toili Baturube di Desa Bubung Kabupaten Banggai, Jumat (08/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi, Ir. Nahardi, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan ini merupakan kelanjutan dari gerakan menanam pohon pada beberapa wilayah. Suatu rencana aksi sesuai visi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah seperti di Meko Jaya 100 ha, Baturube 100 ha dan beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tengah.

“Hal ini dilaksanakan sebagai upaya implementasi visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, yang salah satunya menjaga harmoni dengan alam dan pemberdayaan serta pengentasan kemiskinan, seperti saat ini Dinas Kehutanan melaksanakan di wilayah KPH Balantak dan KPH Baturube,”tuturnya.

Nahardi juga mengatakan, untuk pemberdayaan masyarakat diberikan penyerahan alat pengelolahan lebah madu dan alat penyulingan minyak kayu putih, agar mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saat ini animo masyarakat untuk pengelolahan penyulingan kayu putih sangat tinggi, namun perlu dukungan untuk menyuplay bibit kayu putih, dimana keterbatasan yang ada kita mendorong perusahaan melalui dana CSR, untuk berpartisipasi memberikan bantuan bibit pohon kayu putih,” kata Nahardi.

Nahadi menambahkan, untuk dukungan pemberdayaan masyarakat di wilayah KPH Balantak dan KPH Baturube tahun 2021 dialokasikan masing-masing 1 Milyar, untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut.

Sementara Wakil Bupati Banggai, Ir. Furqanudin Masulili, MM, menyampaikan selamat datang kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah bersama rombongan atas kunjungan kerjanya di Kabupaten Banggai khususnya di Desa Bubung untuk melakukan penanaman pohon.

Bupati Banggai pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi, yang telah melakukan kegaiatan penanaman pohon dan pemberdayaan masyarakat Banggai.

“Menanam pohon akan memberikan dampak untuk mencegah terjadinya bencana banjir dan bencana longsor, dan dapat terus menjaga keseimbangan alam,”pungkasnya.

Sementara itu, sambutan Wakil Gubernur Sulteng Mamun Amir mengatakan, bahwa Kepala Dinas Kehutanan Provinsi sudah menyampaikan tujuan dari kegiatan yang kita laksanakan saat ini. Untuk melaksanakan penanaman pohon salah satunya mengiplementasikan visi dan misi dengan harapan bahwa pembangunan yang dilaksanakan terjadi harmoni yang baik alam.

“Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur akan dilaksanakan untuk mencapai pengurangan kemiskinan, diantara lain yaitu pendidikan gratis. Tahun 2022 pendidikan gratis untuk SMA/SMK tidak ada pungutan kepada anak didik dan orang tua murid, membantu masyarakat miskin untuk meringankan beban, untuk itu, Pemerintah Provinsi dengan skema yang ditetapkan adalah Rp. 1 juta per KK setiap hari Raya Idul Fitri,”ucap Mamun Amir.

Mamun Amir menuturkan, Mempercepat pembangunan infrastruktur dalam rangka persiapan daerah Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga Ibukota Negara Baru. Dimana yang nantinya akan dibangun jalur distribusi darat dan laut, selanjutnya percepatan peningkatan infrastruktur daerah, salah satunya ialah pembangunan jembatan penghubung Banggai Kepulauan dan Banggai Laut Tahun 2022, dan semua itu sudah di programkan desain Enginering sebesar 5 Milyar.

Selanjutnya peningkatan kwalitas kesehatan masyarakat dengan mengurangi angka stanting, maka Pemda akan membangun klinik bersalin pada setiap Kabupaten dengan harapan terwujudnya kwalitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.




“Seluruh prioritas tersebut akan diwujudkan melalui program 100 M/Tahun/ Kabupaten dan Kota Palu. Program ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan memberikan keadilan kepada seluruh daerah dalam pelaksanaan pembangunan dan pelaksanaan APBD Sulawesi Tengah. Kedepan harus dilaksanakan secara efektif dan efesien,”imbuhnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan bantuan ekonomi produksi kepada masyarakat berupa : Alat Ekstraktor Madu, Alat Pengukur Kadar Air, Baju Pelindung Diri 1 Paket, Paket Saringan Madu, dan penyerahan secara simbolis stup koloni dengan jumlah 150 kotak koloni lebah kepada kelompok tani hutan sari warna Desa Bolobungkang Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai Binaan KPH Balantak melalui alokasi DAK Tahun 2021 (sumber data melalui Kepala KPH Balantak, Ir. Herry Apryanto, S. S.Hut., IPP).  (TIM)        

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1