Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPMD Parimo Gelar Penilaian Lomba BUMDes Terbaik

Rabu, 22 Desember 2021 | Desember 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-22T15:43:01Z



Trans Sulteng
,Parigi moutong- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Bidang Pemberdayaan Desa menggelar penilaian lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik se Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021 bertempat di Dinas PMD Parimo.

Kegiatan lomba BUMDes dan penilaianya sudah dilakukan dua bulan lalu, dan hari ini Rabu (22/12'21) diumumkan pemenangnya serta disaksikan oleh Pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDT) melalui Zoom Metting.

Keluar sebagai pemenang lomba BUMDes terbaik tahun 2021 adalah BUMDes Bina Mandiri Jaya Desa Kotaraya Selatan, BUMDes Tirta Karya Desa Tirta Nagaya, BUMDes Martasari Desa Kertasari, BUMDes Karya Mukti Desa Karya Agung, BUMDes Tunas Harapan Desa Taopa Barat.

Kegiatan itu diikuti oleh 17 Kecamatan dan 60 BUMDes dari 275 BUMDes yang ada, dan aktif hanya 250 BUMDes. 

Kepala Dinas PMD Parigi Moutong diwakili Sekretaris Dinas Ervian Aksa Yoza SSTP mengatakan, BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh Desa dan/atau bersama Desa Desa mengelola usaha, memanfaatkan Asset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyiapkan jasa diri semaksimal mungkin dalam pengelolaan kreativitas BUMDes serta mencari terobosan baru atau inovasi sehingga BUMDes makin maju dan pada akhirnya masyarakat Desa bisa sejahtera.

"Untuk Desa Desa yang belum sempat berpartisipasi, dan atau belum sempat memenangkan lomba BUMDes tahun ini kiranya dapat meningkatkan kinerja pengelolaan BUMDes terutama dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui bagi hasil BUMDes, dan dari jenis usaha juga diusahakan jenis usahanya menyentuh ke masyarakat banyak sehingga masyarakat dapat merasakan dampak dan manfaat dengan adanya BUMDes,"Pintanya.

Ervian juga mengatakan, ada empat tujuan penting dalam pendirian BUMDes yaitu meningkatkan perekonomian Desa, meningkatkan pendapatan asli Desa, meningkatkan pengelolaan potensi Desa dan meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat Desa. 

"Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong dalam hal penilaian lomba BUMDes  terbaik tingkat Kabupaten ini, diharapkan para BUMDes bisa lebih semangat dan terus mempersiapkan diri semaksimal mungkin dalam pengelolaan kreativitas BUMDes. Insya Allah tahun depan kita akan buat lagi kegiatan seperti ini, "Ujarnya.

DISKOMINFO PARIMO/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini