Lapangan Tembak Dan Panahan Amiruddin Ponulele, Resmi Difungsikan


Transsulteng -Morowali-Pangkalan TNI AL Palu yang saat ini dikomandani oleh Kolonel Marthin Luther Ginting, akhirnya berhasil mewujudkan impian memiliki sarana lapangan tembak sebagai fasilitas untuk mendukung latihan.

 Selain itu, lapangan tembak tersebut juga digunakan sebagai fasilitas latihan olahraga panahan, yang merupakan sarana pembinaan atlet-atlet panahan Provinsi Sulawesi Tengah

Adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat mencetak atlet panahan menuju Kejurnas Pekan Olahraga Nasional (PON), bahkan ke tingkat internasional, dengan mengadakan seleksi melalui Kejurda Panahan Provinsi Sulawesi Tengah di Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu.

 Lapangan tembak Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu yang telah selesai dibangun pada masa kepemimpinan Komandan Lanal Palu Kolonel Martin Luther Ginting, memiliki tiga blok diantaranya untuk memembak laras pendek, menembak laras panjang dan panahan.       

Komandan Lantamal VI Makassar, Laksma TNI Dr Benny Sukandari, tiba di Lapangan Tembak dan Panahan Aminudin Ponulele Mako Lanal Palu pada Minggu (20/3/2022), disambut Komandan Lanal Palu beserta perwira Staf Lanal Palu.

Turut hadir di lokasi undangan diantaranya Gubernur Sulaesi Tengah yang diwakili Kasat Pol PP Provinsi Sulteng, Mohamad Nadir, Forkopimda Sulawesi Tengah, Kepala Instansi TNI-Polri di wilayah Sulawesi Tengah maupun Kota Palu, perwakilan Pemerintah Kota Palu, mitra Lanal Palu, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kelurahan Watusampu Kecamatan Ulujadi Kota Palu.

Pada pembukaan peresmian lapangan tembak itu, ditampilkan tarian daerah adat Kaili "Puele Cinde" oleh angota Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II, dibawah asuhan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II Ny Christy Normawati Ginting.

Komandan Lanal Palu dalam sambutannya, menyampaikan beberapa hal di hadapan Komandan Lantamal VI Makassar dan para undangan tentang Pembangunan dan peresmian Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele, juga tentang pemakaian nama Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele yang berasal dari nama salah satu Mantan Komandan Lanal Palu tahun 1994 yang merupakan putra daerah Kota Palu. 

Sementara, Komandan Lantamal VI Makassar yang berkesempatan memberi sambutan, memyampaikan beberapa hal diantanranya ucapan dan apresiasi kepada Komandan Lanal Palu atas terbangunnya Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele.

Komandan Lantamal VI Makassar menambahkan, penggunaan lapangan tembak yang juga sebagai sarana olahraga panahan untuk masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu, diharapkan mampu mendukung memunculkan sekaligus pembinaan atlet-atlet panahan dari Provinsi Sulawesi Tengah, serta meningkatkan sinergitas antara Mako Lanal Palu dengan masyarakat Sulawesi Tengah.

Di lokasi lapangan tembak dan panahan tersebut juga dibagun tempat pertemuan dengan konsep bangunan Rumah Adat Kaili, yang bertujuan selain sebagai simbol pelestarian budaya dan kearifan lokal, juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan dan koordinasi dengan pemerintah maupun instasi samping.

Diakhir sambutannya, Komandan Lantamal VI Makasar menyampaikan bahwa telah terlaksana pembentukan prajurit TNI AL di Satdik II Makassar, yang kelak prajurit lulusan Satdik II Makasar akan ditugaskan kembali ke daerah, yaitu satuan-satuan TNI AL di wilayah Sulawesi Tengah.

Peresmian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen hibah pembangunan lapangan tembak dan panahan Amiruddin Ponulele dari Dirut PT Sumber Karya Utama, Rocky Mathianus, kepada Komandan Lanal Palu, segaligus pemberian sertifikat penghargaan dari Komandan Lanal Palu kepada Rocky Mathianus.

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai papan bertuliskan Lapangan Tembak dan Panahan, oleh Komandan Lantamal VI Makassar, sekaligus penandatangan prasasti Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele, pemotongan pita, dan pelepasan balon oleh Komandan Lantamal VI Makassar. 

Komandan Lantamal VI Makassar didampingi Komandan Lanal Palu, dan pejabat Forkopimda Sulteng, serta para undangan kemudian melaksanakan peninjauan Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele sekaligus pelaksanaan menembak eksklusif, oleh Komandan Lantamal VI Makassar dan Forkopimda.IRDAM/BAMS.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1