Pemprov. Sulteng Ikuti Peringatan HUT Kartini Ke- 144 secara Virtual.


TransSulteng-Palu-Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Pj. Sekda Ir. Moh. Faisal Mang, MM bersama seluruh OPD dan Unsur Forkopimda  mengikuti Perayaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RA Kartini yang Ke- 144 secara Virtual. Bertempat di Gedung Pogombo Kantor Gubernur. Kamis, (21/4/2022)

Dalam laporanya, Ny. Tri Tito Karnavian menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kartini Tahun 2022, penghargaan diberikan kepada beberapa bidang yakni ; bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sosial budaya, bidang lingkungan hidup dan bidang pertanian.

Beliau juga menyampaikan bahwa jumlah penerima penghargaan yang diberikan kepada perempuan yang berjas dan berprestasi berjumlah 514 orang sesuai dengan jumlah Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

"Penghargaan diseluruh Indonesia ini diberikan berkat kerja sama Kementrian dan Lembaga terkait, dan dari total 514 dipilih 10 orang perwakilan untuk menerima penghargaan secara langsung pada acara puncak Peringatan Hari Kartini di Istana Negara saat ini." Terang beliau

Adapun rincianya yaitu ; Pertama, Bidang pendidikan sebanyak 115 orang yang berasal dari 96 Kabupaten dan 19 Kota,

Kedua, Bidang kesehatan sebanyak 99 orang yang berasal dari 78 Kabupaten dan 21 Kota.

Ketiga, Bidang sosial budaya sebanyak 102 orang yang berasal dari 84 Kabupaten dan 18 Kota.

Keempat, Bidang lingkungan hidup sebanyak 99 orang yang berasal 81 Kabupeten dan 18 Kota.

Kelima, Bidang Pertanian sebanyak 99 orang yang berasal dari 73 Kabupaten dan 22 Kota.

Beliau berharap kegiatan ini mampu  menginspirasi perempuan Indonesia dan menjiwai semangat yang tidak pernah padam dalam diri untuk menjadi perempuan yang berdaya menuju Indonesia maju.

Sementara, Ny. Iriana Joko Widodo dalam sambutanya menyampaikan bahwa peringatan hari Kartini ke- 144 tahun 2022,  Harus dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia melawan pandemi, untuk pemulihan ekonomi sehingga kita bisa segera mewujudkan Indonesia maju.

Peran perempuan indonesia sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi. Sebab, hal ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan bahkan meningkatkan perekonomian.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan perempuan dan seluruh perempuan Indonesia yang telah mengendalikan pandemi di tanah air." Ucap Iriana.

Berkat perjuangan dan semangat Kartini, perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki dalam segala bidang, serta turut berkontribusi bagi pembangunan keluarga, bangsa dan negara.

Peringatan Kartini tahun ini, masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Namun, brerkat kerja keras kita semua termasuk di dalamnya perempuan-perempuan hebat, Alhamdulillah kondisi Pandemi di Negara kita dapat di kendalikan dengan baik.

"Saya juga mengucapkan turut berduka cita kepada perempuan-perempuan Indonesia yang telah gugur dalam perjuangan yang menjadi gardah terdepan dalam penanganan pandemi."

Pemerintah tentunya terus berkomitmen memberi ruang sebesar-besarnya kepada perempuan Indonesia untuk berkarya dan memaksimalkan potensinya disegala sektor.

Selanjutnya, Adapun nama-nama penerima penghargaan untuk perempuan berprestasi Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022 yaitu :

1. Susana Asgun, Bidang Lingkungan Hidup, (Penggiat Lingkungan Hidup Pemukiman Kota Luwuk,) Kabupaten Banggai.

2. Krismas Dey Kadiot, Bidang Pertanian, (Penggiat Pertanian dalam Pembudidayaan Kritis Air), Kabupaten Banggai Kepulauan.

3. Neni Triana, Bidang Lingkungan Hidup, (Penggiat Lingkungan Hidup dalam Pembudidayaan Mangrove), Kabupaten Banggai Laut.

4.Maryam Mailili, Bidang Sosial Budaya, (Pembuat Kamus Bahasa Buol), Kabupaten Buol.

5. Hermin Panannangan, S.Th, Bidang Pendidikan, (Guru Honorer di Daerah Terpencil di Kecamatan Rio Pakava), Kabupaten Donggala.

6. Base, Bidang Lingkungan Hidup, (Penggiat Lingkungan Hidup sebagai Petugas Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup), Kabupaten Morowali.

7. Fitagustini Palungan, Bidang Pertanian, (Penggiat Pertanian), Kabupaten Morowali Utara.

8. Hj. Intjesari Passau, S.Pd., M.Si, Bidang Pendidikan, (Penggiat pendidikan yang aktif dalam pendidikan luar sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu di Wilayah Parigi Moutong), Kabupaten Parigi Moutong.

9. Alfiana Nurlisa Molodu, Bidang Pertanian, (Penggiat Bidang Pertanian pada lahan gambut di seputaran danau Poso), Kabupaten Poso.

10. Tiha, Bidang Sosial Budaya, (Penggiat sosial budaya dalam melestarikan usaha kecil makanan khas Kabupaten Sigi), Kabupaten Sigi.

11. Mahira Saili Ichan Tanda, Bidang Kesehatan, (Penggiat kesehatan dalam program penuntasan Stunting di Desa Kajulangko Kecamatan Ampana Tete), Kabupaten Tojo Una-una.

12. Hasdiani, Bidang Kesehatan, (Penggiat kesehatan dalam menuntaskan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 didaerah pedalaman. 

13. Zulfikar Lamakarate Lapasere, Bidang Pendidikan, (Penggiat pendidikan pemberantasan buta aksara didaerah pinggiran Kota Palu.

Turut hadir : Gubernur, Bupati/Walikota, Anggota Organisasi Aksi Solidaritas Daerah Kabinet Indonesia Maju se-Indonesia.diakominfo provinsi/sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1