Wujudkan Ketahanan Pangan Babinsa Koramil 1305-09/Bokat Bantu Warga Mengolah Tanah Perkebunan

 


Transsulteng-Kodim1305/BT, Sulteng - Peran penting seorang babinsa dalam melaksanakan pendampingan kepada para warga khususnya petani yang ada di wilayah teritorialnya untuk bercocok tanam dalam rangka meningkatkan kualitas hasil panen yang mereka dapat.

Seperti Babinsa Koramil 1305-09/Bokat Koptu A. Tampilang yang terus melaksanakan pendampingan kepada bapak Jakir warga Desa Doulan, Kecamatan Bokat, Kabupaten Buol yang akan ditanami jagung.

Kepada media ini Koptu A. Tampilang menjelaskan bahwa maksud kedatangannya selain untuk menyambung silaturahmi, dirinya juga akan ikut membantu mengolah lahan milik  bapak Jakir untuk ditanami jagung.

"Lahan perkebunan milik bapak Jakir baru sebulan yang lalu selesai panen dan hari ini saya datang membantu untuk membersihkan lahan perkebunan agar dapat di tanami jagung," ungkap Koptu A. Tampilang Minggu (19/06/2022).

Lanjut Koptu A. Tampilang menambahkan dalam kegiatan membantu warga binaannya seperti saat sekarang ini agar bapak Jakir dapat selalu menjaga ketahanan pangan serta menyukseskan swasembada pangan di wilayah kecamatan Bokat, seperti yang di harapkan pemerintah.

"Pembersihan di mulai dari membersihkan rumput, mencangkul tanah hingga membuat jalur  yang selanjutnya untuk ditanami jagung, Kegiatan ini merupakan cerminan serta kepedulian kemari sebagai seorang Babinsa yang ada di wilayah teritorial, yang mana selalu siap untuk membantu tanpa pamrih guna meningkatkan kesejahteraan warga binaannya," Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Bapak jakir mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bapak Babinsa karena sudah meluangkan waktunya untuk datang membantu dalam mengolah lahan kebun ini.

"Semoga kebersamaan ini dapat terus terjalin guna mempererat hubungan maupun Kemanunggalan TNI bersama Rakyat,” pungkas bapak Jakir.

Sementara itu, Komandan Kodim 1305/BT yang di wakili Danramil 1305-09/Bokat Letda Inf Suyadi melalui via telfon mengatakan selain membantu membersihkan lahan kebun milik warga Babinsa juga harus dapat memotivasi masyarakat agar memanfaatkan lahan tidur guna ditanami kebutuhan pangan sehingga ketahanan pangan warga khususnya warga desa Doulan dapat terjaga serta adanya kegiatan pemanfaatan lahan tidur.

"Para Babinsa bersama warga desa Doulan dengan penuh semangat melaksanakan kegiatan pembersihan lahan Jagung sebagai upaya dalam rangka mengantisipasi apabila terjadinya krisis pangan di wilayahnya dengan dihadapkan pandemi Covid-19," Bebernya.

Lanjut Danramil, Upaya ketahanan pangan yang dilaksanakan, sebagai wujud nyata tindakan yang dilakukan oleh Aparat teritorial  untuk membantu mensejahterakan masyarakat khususnya petani dalam mewujudkan swasembada pangan yang produktif.

"Selaku babinsa yang ada di wilayah, ia perlu berperan aktif dalam kegiatan penyiapan ketahanan pangan dengan harapan semoga kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan dilanjutkan penanaman secara bertahap sampai siap panen," katanya.

Di samping itu kedekatan Babinsa dengan warga khususnya para petani harus terus terbangun sejak dini sehingga tidak ada jarak antara Aparat Babinsa dengan warga karena jalinan silaturahmi terus berjalan.

Terlepas dari kegiatan hanpangan Danramil menitipkan pesan dari Bapak Dandim agar para Babinsa dan danramil tidak bosan bosannya menghimbau warga kecamatan Bokat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dengan benar, karena sampai dengan detik ini pandemi covid 19 masih bersarang di negeri ini, walaupun pemerintah sudah membebaskan pengunaan masker di tempat terbuka bukan berarti kita harus lalai," Tutupnya. Erwin

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1