Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

"Danrem 133/Nani Wartabone Menghadiri Acara Penyambutan Secara Adat Mopotilolo Pejabat Baru Kapolda Gorontalo"

Jumat, 01 Juli 2022 | Juli 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-02T01:59:45Z


TranSSulteng-Gorontalo - Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P menghadiri acara Penyambutan Secara Adat Mopotilolo Bapak Kapolda Gorontalo yang baru Irjen Pol. Helmy Santika S.H. S.I.K. M.Si. bersama Rombongan, bertempat di Bandara Lama Djalaludin Gorontalo, Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Jum'at (1/7/2022).

Kegiatan penyambutan secara adat Mopotilolo tersebut turut dihadiri oleh Wakapolda Gorontalo . Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H., Kabinda Prov. Gorontalo Suryono S.S., Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Heri Purnomo, Kasrem 133/NW Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S., Para Kasi Kasrem 133/NW, Para PJU Polda Gorontalo, Sekda Prov. Gorontalo Dr. Ir. H Darda Daraba M.Si, 

Wakajati Gorontalo Sila Haholongan, S.H.,M.H, Wadansat Brimob Polda Gorontalo AKBP. Agus Suharsoyo S.I.K., Dandin 1314/Gorut Letkol Kav EmbI Triono.ST.M.Si, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Homa Sugama. SE.M. Sc. CHRMP, Dansatradar 224/Kwd Mayor Lek Janner Halumuon Silalahi ST.Han, Para jajaran Kapolres Se-Provinsi Gorontalo, Para PJU Sat Brimob Polda Gorontalo dan Para pemangku adat Provinsi Gorontalo.

Penyambutan secara Adat Mopotilolo merupakan merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Adat ini adalah tanda memperoleh restu dari masyarakat dan bebas bertugas di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi alat musik tradisional berupa tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP Bandara, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional. 

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan selama Irjen Pol Helmy dan istri bertugas di Gorontalo.

Kedatangan Helmy sendiri disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer di Lounge VIP Bandara Jalaludin Gorontalo yang baru.

Sementara Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba serta jajaran Forkopimda Gorontalo menyambut di area Vip Bandara lama. Irjen Pol Helmy Santika menggantikan pejabat sebelumnya Irjen Pol Akhmad Wiyagus yang dilantik menjadi Kapolda Lampung. Irjen Pol Helmy Santika sendiri sebelumnya bertugas sebagai Sahlijemen Kapolri. Beliau juga merupakan lulusan Akpol 1993 yang berpengalaman dalam bidang reserse.

Setelah kegiatan Penyambutan secara adat Mopotilolo di Bandara Lama Djalaluddin Provinsi Gorontalo, Bapak Kapolda Gorontalo yang baru bersama Rombongan langsung menuju ke Mapolda Gorontalo untuk melaksanakan Tradisi Penyambutan di Mapolda Gorontalo,Lp-Suardi.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini