Notification

×
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

" Danrem 133/NW Hadiri Penanaman Pohon Dalam Rangka Mendukung INDONESIA'S FOLU NET SINK 2030 Provinsi Gorontalo "

Jumat, 01 Juli 2022 | Juli 01, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-02T02:05:42Z


TranSSulteng-Gorontalo- Danrem 133/Nani Wartabone Beigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P menghadiri kegiatan Penanaman Pohon Dalam Rangka Mendukung INDONESIA'S FOLU NET SINK 2030 Provinsi Gorontalo, bertempat di Persemaian Permanen, Jl lorong Tengah, Dusun Trans, Desa Toyidito, kec Pulubala, Kab Gorontalo. Jum'at (1/7/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekda Prov. Gorontalo Dr. Ir. H Darda Daraba M.Si, Kepala Biro Umum Reflin Buata, Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Gorontalo Sutan Rusdi, Kadis LHK Prov. Gorontalo Faizal Lamakaraka, S.STP, Kepala BPDAS Prov. Gorontalo Heru Permana, S.Hut, MT. MA., Kadis LH Kab. Gorontalo Syaiful Kiraman S.E., M.E., Plh Danramil 1314-04/Tibawa Peltu Suyanto, Camat Pulubala Fitriyati Pakaya, STP.

Pemerintah Provinsi Gorontalo berkomitmen mendukung upaya pemerintah pusat guna tercapainya Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

Di mana FOLU net Sink 2030 adalah suatu keadaan yang ingin dicapai melalui penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor kehutanan dan pengunaan lahan.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemprov Gorontalo terhadap Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 adalah dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon di areal sekitar lokasi peresmian permanen, yang dikelola oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bone Bolango.

Dalam sambutannya Sekda Prov. Gorontalo Dr. Ir. H Darda Daraba M.Si mengatakan Pemprov Gorontalo berkomiten mendukung upaya-upaya mitigasi perubahan iklim terutama dari sektor kehutanan dan lahan. Beberapa program telah dilaksanakan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti, rehabilitasi hutan dan lahan kritis, restorasi ekosistem manggrove di wilayah pesisir, pengendalian penggunaan kawasan hutan yang diterbitkan oleh gubernur dan lain sebagainya.

Saat ini kita sedang menghadapi isu pemanasan global (global warming). Yaitu suatu fenomena di mana terjadi peningkatan gas rumah kaca pada lapisan atmosfer dalam janhka waktu tertentu. Kenapa pemerintah pusat menargetkan sebuah keadaan dengan FOLU Net Sink 2023 yang diharapkan bisa berkontribusi besar dalam pengurangan emisi dari sektor FOLU ini antara lain penurunan deforestasi dan degradasi hutan alam, pengelolaan hutan berkelanjutan serta konsevasi keanekaragaman hayati.

Sementara itu dengan dilaksanakan kegiatan penamaman pohon yang dilakukan, Sekda Prov. Gorontalo berharap akan mempertebal komitmen seluruh pemangku kepentingan di daerah dalam memperbaiki kondisi lahan dan hutan di wilayah Provinsi Gorontalo.

"Semoga dengan ketersediaan bibit dari peresmian permanan di deaa Toyidito ini, kondisi lahan dan hutan kita akan jauh lebih baik dalam upaya pengendalian dan mengurangi dampak pemanasan global," terangnya.

Kehadiran Sekda Prov. Gorontalo sendiri mewakili Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer. Selain Darda, turut hadir dalam kegiatan tersebut Danrem 133 NWB Amrin Ibrahim, Kepala BPKH wilayah 15 Gorontalo, Kepala BPDASHL Bone Bolango, Kepala Seksi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone serta Kadis Lingkungan Hidup provinsi dan kabupaten/kota.Laporan -Suardi

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini