Gubernur Terima Audiance Bupati Donggala, Bahas Persiapan IKN

 


TransSulteng-Bupati Donggala Dr. Drs. Kasman Lassa SH, MH didampingi Sekertaris Kabupaten Donggala Rustam Efendi, S. Pd, MAP serta sejumlah pejabat eselon II Pemkab Donggala melakukan audiance bersama Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura bertempat di ruang kerja gubernur, Senin 19 September 2022.

Turut mendampingi Gubernur, Karo Adm. Pimpinan Eddy Lesnusa S.Sos, Kabag Materi Komunikasi Pimpinan Adiman SH, M.Si, Kabag Protokol Fauziah S.Sos dan lima orang tenaga ahli gubernur serta pejabat terkait lainnya.

Menurut Bupati Donggala, pihaknya telah melakukan penandatanganan MoU bersama Bupati Penajam Pasir Utara Provinsi Kalimantan Timur serta koperasi dalam hal pasokan beberapa komoditi guna mendukung ibu kota negara, sebagaimana petunjuk gubernur untuk gerak cepat.

Pada saat itu, Bupati Kasman Lassa membawa sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Donggala, diantaranya ; Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian serta Dinas Perindag.

“Kedatangan kami saat ini, selain untuk silaturrahmi sekaligus menindaklanjuti apa  yang kami sampaikan ketika bapak gubernur berkunjung di Kecamatan Dampelas. Tinggal sekarang kami minta petunjuk bapak gubernur bagaimana tata kelolanya bersama Walikota Palu serta Kabupaten lain,” jelas Bupati Donggala yang juga sebagai mantan pejabat Pemprov Sulteng. 

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura memberikan apresiasi dan menyambut baik kedatangan Bupati Donggala beserta rombongan.

Gubernur menyampaikan Provinsi Sulawesi Tengah sudah harus mempersiapkan diri menjadi daerah penyangga IKN, bahkan dirinya mengundang Satgas IKN untuk membicarakan kebutuhan mendesak di daerah tersebut.  

Sebagai provinsi penyangga IKN salah satu yang menjadi prioritas yakni peningkatan infrastruktur jalan diantaranya ruas jalan Watatu dan Tambu serta ruas jalan lain yang menghubungkan dengan Provinsi Gorontalo dan Manado 

Mantan Walikota Palu dua periode dan Ketua DPRD Kota Palu itu bahkan akan menyiapkan kapal roro untuk bisa mengangkut hasil produksi masyarakan dari kabupaten Donggala dan sekitarnya ke Kalimantan.

“Pada bulan November mendatang, saya akan membawa rombongan Kadin dam pengusaha ke Kalimantan Timur untuk menginventarisasi serta membicarakan apa saja yang menjadi kebutuhan di daerah tersebut,’ jelas gubernur.

Dilain sisi gubernur meminta masyarakat yang terkendala permodalan agar dapat memanfaatkan pinjaman lunak yang tersedia di perbankan. ,“Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan pinjaman Bank BRI dengan skema bunga 3%, sehingga bunga ringan tersebut digunakan oleh masyarakat dan UMKM untuk modal serta meningkatkan usaha,” beber gubernur.

Biro Administrasi Pimpinan/lp-Anjas

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1