MELALUI TALKSHOW KEKAYAAN INTELEKTUAL, STAFSUS MENKUMHAM FAJAR LASE SAPA MASYARAKAT ROKAN HULU


TransSulteng-Pasir Pengaraian - Tak kenal maka tak sayang. Peribahasa itu dimaknai mendalam oleh Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Fajar Bos Salomon Lase, dalam mengenalkan Kekayaan Intelektual kepada masyarakat luas. Demi mensosialisasikannya, Fajar Lase rela menyisihkan waktunya mengunjungi Kabupaten/Kota di Indonesia. Kali ini, Kabupaten Rokan Hulu menjadi pilihannya untuk dikunjungi, Selasa (6/9).

Ada ribuan pelaku UMKM yang tersebar di Rokan Hulu. Itulah sebabnya, Fajar Lase ingin mengenalkan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk perlindungan produk dan jasa pelaku UMKM tersebut. Radio Swara Lima Luhak Pasir Pengaraian, menjadi media penyebaran informasi lewat acara Talkshow seputar HAKI. 

Dalam Talkshow yang bertema "Menumbuhkan Nilai Ekonomi Generasi Muda Di Era Digital" ini, Staf Menkumham yang mudah senyum ini menjelaskan secara detail apa itu Kekayaan Intelektual dan bagaimana cara perlindungan Hukumnya.  Serta bagaimana pula anak muda bisa bersaing dalam peningkatan ekonomi, merdeka finansial dari orangtuanya karena bisa memiliki penghasilan sendiri.

"Kekayaan intelektual, lebih lengkapnya adalah hak atas kekayaan intelektual (KI, HKI, atau HaKI) adalah jenis kekayaan yang memuat kreasi tak mewujud dari intelektualitas. Kegunaannya, melindungi produk dan jasa kita agar tidak diplagiat orang lain. Tentunya untuk meningkat nilai ekonomisnya, jadi sangat menguntungkan pelaku UMKM yang mendaftafkan Hak Kekayaan Intelektualnya," jelas Fajar Lase memaparkan.

Fajar menambahkan, Kekayaan Intelektual terdiri dari Paten, Merek, Hak Cipta, Desain Industri, Indikasi Geografis, Rahasia dagang dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST).

"Terimakasih atas kesempatannya telah memberikan ruang untuk kegiatan Talkshow ini. Semoga masyarakat dapat memahami perlunya perlindungan Kekayaan Intelektual atas produk dan jasa yang mereka punya," tutup Fajar Lase diakhir kegiatan. Pada kegiatan ini Fajar Lase juga menyerahkan kenang-kenangan kepada Kepala Dinas Kominfo Rokan Hulu, Syofwan, yang telah memfasilitasi kegiatan Talkshow.

Fajar Lase akan berada di Rokan Hulu selama 3 hari dalam rangkaian sosialisasi Kekayaan Intelektual kepada pelaku UMKM, Pelajar, dan Mahasiswa.

(Sri imelda)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1