Notification

×
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Danrem 133/NW Diwakili Kasrem ,Hadiri Upacara Adat Mopotolungo Pj. Gubernur Gorontalo Dr. Hamka Hendra Noer

Senin, 15 Mei 2023 | Mei 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-16T01:05:07Z


TransSulteng-Gorontalo- Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., diwakili Kasrem 133/NW Kolonel Inf Mochamad Arief Hidayat hadiri upacara adat Mopotolungo Pj. Gubernur Gorontalo Dr. Hamka Hendra Noer, M.Si, bertempat di Rujab Wakil Gubernur Gorontalo, Jl. Yusuf Hasiru, Kel. Tanggikiki, Kec. Sipatana, Kota Gorontalo.

Adat Mopotolungo merupakan prosesi mengantarkan pejabat yang telah berakhir masa tugasnya dari rumah jabatan ke kediaman pribadi. Upacara adat Mopotolungo diawali dengan prosesi mopo maklumu deta tomboluwo atau memaklumkan kepada pembesar negeri bahwa prosesi adat akan segera dimulai.

Di katakan,Setelah prosesi mohudu tonggota atau penyerahan pelaksanaan upacara Mopotolungo dari pemangku adat Hulondalo ke pemangku adat Limboto dan mopodungga lo adati dudelo, Hamka Hendra Noer bersama istri meninggalkan rumah jabatan Wagub Gorontalo dengan diantarkan oleh Penjabat Sekdaprov Gorontalo Syukri J Botutihe bersama istri Mely Mohamad, juga jajaran OPD dan Forkopimda Provinsi Gorontalo.

Sesudah melaksanakan upacara adat Mopotolungo, Hamka Hendra Noer bersama istri juga menjalani upacara pelepasan yang dilakukan oleh Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Gorontalo atau Purna Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Gorontalo Sambutan Dr. Hamka Hendra Noer, M.Si menyampaikan di tahun ini ada beberapa peristiwa namun kita bisa selesaikan bersama,  kami datang bulan Mei 2022 Diterima dan kemudian atas takdir Allah kami harus kembali untuk bertugas di Jakarta. 

"Pada toko adat dan lembaga adat, kegiatan ini harus dipertahankan karena ini adalah kelebihan kita di Gorontalo dan sudah banyak daerah-daerah lain yang tidak melakukan," imbuhnya.

Selama saya kurang lebih 1 Tahun menjabat Gubernur Gorontalo, Alhamdulillah ada kemajuan Gorontalo serta saya sudah sampaikan ke Pejabat Gubernur Gorontalo yang baru mohon irama ini dijaga kemudian dipertahankan kalau bisa lebih baik lagi dari yang telah langkah-langkah kita yang sudah lakukan karena ini kepentingan kita mengabdi di sini adalah untuk kepentingan rakyat Gorontalo semuanya,ucapnya.

"Saya bersama istri dari lubuk hati yang paling dalam, apabila dalam tingkah laku kami saat memimpin Provinsi Gorontalo ini ada hal-hal yang kurang berkenan, kami secara tulus memohon maaf kepada bapak ibu sekalian juga masyarakat Gorontalo," tutupnya.suardi

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini