Pulau Sombori Hanya Hidupkan Pariwisata Sulawesi Tenggara


 

TRANS SULTENG-Morowali merupakan salah satu daerah yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan daerah-daerah lain di wilayah Indonesia. Namun sangat disayangkan, saat ini potensi alam tersebut belum termanfaatkan dengan baik dan maksimal untuk daerah Kabupaten Morowali sendiri.

   Kepada media ini, Rabu (17/1/2021), salah seorang penggiat wisata Morowali, Syahmudin, atau yang akrab disapa Ifan Bente turut prihatin atas hal tersebut. Sebab, potensi wisata alam yang sangat indah di Morowali malah dimanfaatkan dan bisa meraup keuntungan oleh daerah tetangga. "Sejak tahun 2015 sampai saat ini, Disporapar Kabupaten Morowali sangat gencar melakukan promosi wisata Pulau Sombori yang tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat, namun sayangnya tidak didukung dengan fasilitas penunjang seperti transportasi khusus untuk wisata dan tidak adanya informasi pendukung di pelabuhan-pelabuhan" jelasnya.

   Dikatakan Ifan, Pulau Sombori masuk di wilayah Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, namun mirisnya masih banyak wisatawan dari luar Pulau Sulawesi yang mengenal Pulau Sombori adalah wisata Sulawesi Tenggara.

   Promosi yang dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Morowali dengan biaya mahal kata Ifan, malah dinikmati oleh daerah tetangga, yakni Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara yang menjual paket wisata Labengki-Sombori. "Morowali punya banyak potensi alam yang bisa dipromosikan dengan paket Sombori, tapi sampai hari ini, hal itu belum dilakukan oleh pemerintah, seperti Air Terjun Baho Umumpa di Desa Bete-Bete, Kecamatan Bahodopi yang sangat langka di dunia karena air terjun yang jatuh langsung ke laut" paparnya.

   Selain itu, lanjut Ifan, di Kecamatan Bungku Pesisir juga punya wisata Pasir Panjang yang terletak di Desa Tangofa, Air terjun Buleleng dan masih banyak lagi. "Kita punya potensi wisata, tapi silahkan kita cari agen travel wisata yang menjual paket wisata Morowali, ini malah daerah tetangga yang dapat hasil, misalnya paket wisata Labengki-Sombori yang dijual oleh agen-agen travel, padahal kita bisa promosi Bungku Selatan sehingga agen travel berminat untuk jualan paket wisata Bungku Selatan, Bungku Pesisir dan Sombori" pungkasnya.BAMS/IRDAM.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1