Asisten II Wakili Gubernur Ikuti Penandatanganan MOU dan Perjanjian Kerja sama sekaligus Sosialisasi Pengadaan dan Penyaluran Beras ASN di Lingkup Pemda Sulteng.


Transsulteng -Palu-Sulawesi Tengah. Gubernur Sulawesi diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto SE MM, mengadiri Penandatanganan MOU dan Perjanjian Kerja sama sekaligus Sosialisasi tentang Pengadaan dan Penyaluran Beras ASN di Lingkup Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah. Bertempat diruang Polibu Kantor Gubernur. Selasa, (12/4/2022) 

Dalam laporanya, Kadis Pangan Sulawesi Tengah Ir. Abdullah Kawulusan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu hal yang sangat baik dalam menentukan proses dalam produksi sektor tanaman pangan khususnya padi bisa terserap dengan baik.

Selanjutnya, Salah satu aspek penting dari adanya hasil Penandatanganan MOU dan Kerja sama ini adalah pertama, mengoptimalkan penyerapan beras di Sulawesi Tengah dan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Kedua, menjaga stabilitas harga dan pasokan beras serta jaminan ASN dilingkup Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendapatkan bahan pokok utamanya yaitu, beras.

Ketiga, menjamin ASN telah mendapatkan beras yang telah di uji kandungan kmianya melalui Laboratorium dan telah mendapatkan registrasi dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Dinas Pangan Sulawesi Tengah.

"Saya kira ini sangat penting sekali, hari ini, esok dan akan datang kita ingin hidup sehat, sangat ditentukan dengan asupan bahan pangan yang berkualitas." Pungkas Kadis Pangan dalam laporanya

Selanjutnya, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sulteng David Susanto juga menyampaikan bahwa produksi padi khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah pada kondisi berlebih, yang ditandai dengan banyaknya Provinsi-Provinsi disekitar Sulawesi Tengah yang membeli beras.

Di tahun 2022, Pemerintah pusat telah memberikan target untuk pengadaan beras sebanyak 29. 000 Ton yang terdiri dari beras medium 22. 000 Ton dan beras komersial 7.000 Ton, jika di palfonkan dalam 1 tahun kurang lebih mencapai 250 Miliar. 

"Kami akan tetap mendukung dan membackup arah pembangunan Sulawesi Tengah terutama dibidang pertanian." Jelas Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sulteng

Pada kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto SE., MM membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah mendukung penuh Perum Bulog sebagai pilar ketahanan pangan yang mampu bersinergi membangun model pasar ideal untuk menjaga harga pangan di level produsen dan konsumen.

"Atas nama pemerintah daerah saya mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk komitmen kita bersama dalam menjaga stabilitas harga pangan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terus berupaya mendorong sumber ekonomi masyarakat seluas-luasnya." Ucap Asisten II membacakan sambutan Gubernur

Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai momentum bagi semua pihak untuk berkontribusi dan menjadi pelopor daerah yang menjadikan hasil panen petani lokal sebagai prioritas ASN dari bawah sampai unsur pimpinan yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, beliau menuturkan  bahwa melalui kerja sama ini, diharapkan dapat mengoptimalkan penyerapan beras petani lokal yang nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan petani, memberikan jaminan dalam pemenuhan kebutuhan bahan pokok utamanya beras yang berkualitas dan menjaga stabilitas harga pangan, sehingga dapat menekan inflasi.

Diakhir sambutanya, beliau meminta dukungan penuh dari kepala OPD untuk tindak lanjut, implementasi dan output dari kegiatan kerjasama ini, agar ketersediaan stok pangan dan harga pangan dapat terkendali.

Turut hadir : Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1