" Danrem 133/NW Diwakili Kasrem Menghadiri Kegiatan Kunjungan Kerja Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Di Wilayah Prov. Gorontalo "


Transsulteng-Gorontalo - Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P yang diwakili oleh Kasrem 133/NW Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S. menghadiri Kegiatan Kunjungan Kerja  Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA bersama rombongan di Wilayah Provinsi Gorontalo, pada hari Rabu (13/7/2022).

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si., Ph.D, menyampaikan Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena pada sore hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka pembukaan kegiatan hulonthalo art and Craft festival Provinsi Gorontalo tahun 2022 dengan tema 'Digitalisasi UMKM dan Ekonomi Kreatif Untuk Mendukung Gorontalo Bangkit go digital go global.

Kegiatan hulonthalo art and Craft festival ini dilaksanakan adalah menjadi salah satu upaya pemerintah daerah provinsi Gorontalo bekerja sama dengan kantor bank Indonesia perwakilan daerah provinsi Gorontalo dalam rangka mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo terutama setelah mengalami krisis yang berkepanjangan akibat pandemi covid 19.

Bapak Ibu sekalian serta para undangan yang saya hormati akhirnya saya mengharapkan Kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik sukses memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM dan memberikan dampak bagi masyarakat khususnya di provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Sambutan Deputi Senior Bank Indonesia Ibu Destri Damayanti mengatakan ini merupakan bukti konkrit dari BI bagaimana kita bersinergi dengan kementrian dan lembaga dalam mendukung UMKM di Provinsi Gorontalo. Hampir 100% unit usaha Indonesia itu adalah UMKM, dan juga kalo dilihat dari penyerapan tenaga kerjanya ada 97% itu adalah bergerak disektor UMKM termasuk kontribusi nya terhadap perekonomian kita lebih dari 60% itu berasal dari UMKM, sementara kalo kita lihat dari beberapa negara tetangga kita itu hanya sekitar 40%.

Kita bersyukur karena perekonomian kita setelah pandemi cukup terpuruk, secara bertahap perekonomian nasional termasuk Gorontalo menunjukan perbaikan pemulihan yang cukup signifikan, dan kita tahu di Gorontalo pertumbuhan ekonomi sudah mencapai di angka di atas 3% di triwulan I kemarin. Betapa indahnya Gorontalo, Gorontalo luar biasa indah, di kelilingi oleh gunung dan ada lautnya, dan saya rasa itu bisa menjadi peluang untuk mengimbangi kontribusi dari sektor pertanian itu sendiri.

"Ayo kita bersama sama membangun Gorontalo dengan kearifan lokal yang dimiliki, kami dari Bank Indonesia siap bersinergi dengan kementrian, dengan lembaga, dengan pemerintah daerah dan juga dengan para mahasiswa, bersama sama membangun Gorontalo. Baju Karawo merupakan ciri khas dari Gorontalo yang saat ini sedang di usulkan ke UNESCO," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA.,MBA.,  menyampaikan Provinsi Gorontalo kita dorong ke pasar digital agar tumbuh berkembang menjadi usaha yang besar, di Gorontalo seperti fashion yang sekarang mulai mendunia memiliki kualitas yang baik dan juga dikenal pasar selain daripada produk ekonomi kreatif lainnya seperti kuliner ada via Saronde dapat menjadi acuan ekspor dan impor.

Pariwisata dan ekonomi kreatif siap untuk menata ekonomi baru pasca pandemi, memang keadaan ekonomi kita masih menghadapi tantangan tapi kami yakin dengan bergandengan tangan dengan beberapa program yang selalu kita sandingkan dan yakin bahwa Gorontalo bisa menjadi lokomotif untuk kebangkitan ekonomi kreatif. Saya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dan mengajak semua pihak untuk bersinergi, upaya percepatan transformasi digital di Indonesia tidak bisa di kerjakan sendiri Kita harus sama-sama dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Khusus Menteri Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Bapak Ario Prawiseso, Direktur Tata Kelola Destinasi Bapak Indra Ni Tua, Pj. Gubernur Gorontalo Bapak Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si., Ph.D, Kasrem 133/NW Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S., Bupati Bone Bolango Bapak Hamim Pou, Wabup Bone Bolango Ibu Merlan S. Uloli, Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu, Kapolres Bone Bolango AKBP Emile Reisitei Hartanto SH. S.I.K, Kajari Bone Bolango Bapak Raden Sudaryono, S.H.,M.H., Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf Arif Munawar, SE, MM, PJU Polres Bone Bolango, Kepala Cabang Daihatsu Gorontalo M. Wisnu Apriady, Kepala Wilayah Daihatsu Indonesia Bagian Timur Tulus Pambudi, Para pimpinan OPD Provinsi Gorontalo, pimpinan OPD Kabupaten Bone Bolango.

Adapun maksud tujaun kunjungan kerja Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Bapak Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA ke Provinsi Gorontalo tersebut adalah Dalam rangka peninjauan dan penilaian Desa wisata Bukit Arang yang masuk kedalam nominasi 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.lp-suardi

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1