Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Pengembangan Kawasan Hadiri Panen Raya Jagung Smart dan Launching Program Jagung Smart KADIN Donggala 4.0.


Transsulteng-Palu Sulawesi Tengah-Gubernur diwakili Staf Ahli Bidang SDM dan Pengembangan Kawasan Farida Lamarauna, SE., M.Si menghadiri secara langsung Panen Raya Jagung Smart dan Launching Program Jagung Smart KADIN Donggala 4.0. Bertempat, di Desa Tamarenja, Kec. Sindue Tobata, Kab. Donggala. Kamis, (14/7/2022)

Dalam laporanya, Kadin Donggala Dr. Rahmad M. Arsyad, M.I.Kom menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah merupakan Provinsi yang potensial menjadi lumbung jagung nasional dan dapat menjadi pusat industri pengolahan jagung nasional.

Ekosistem jagung Smart 4.0 adalah bagian dari skema integratif farming yang di inisiasi oleh Kadin Donggala bersama kelpok tani jagung PT. Syngenta, Jobers dan perbankan serta lembaga keuangan.

Target ekosistem jagung Smart 4.0 Sulawesi Tengah peningkatan Produktivitas 7 Ton/Ha x 104.000 Ha menghasilkan 728.000 Ton/panen, sehingga hasil dalam setahun mencapai 1.456.000 Ton/tahun.

Kemudian, Hasil demplot jagung Kadin berjumlah 9,2 Ton/Ha x 104.000 Ha menghasilkan 956.800 Ton/panen, sehingga hasil dalam setahun bisa mencapai 1.913.600 Ton/tahun.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bidang SDM dan Pengembangan Kawasan Farida Lamarauna, SE., M.Si membacakan Sambutan Gubernur menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan panen raya dan launching Program Jagung Smart 4.0.

"Saya menyambut gembira atas acara panen raya dan launching Program Jagung Smart KADIN 4.0 ini" Ucap Staf Ahli saat membacakan sambutan Gubernur

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa para Kadin memberikan pendampingan kepada para petani untuk menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank BRI agar tingkat produksi jagung petani Kabupaten Donggala bisa meningkat.

Lebih lanjut, beliau berpesan para Kadin untuk mensosialisasikan Program Kadin Smart 4.0 kepada para petani, sehingga para petani dapat mengolah lahan-lahan yang belum terolah selama ini di Kabupaten Donggala untuk di tanami jagung.

Diakhir sambutannya, Beliau berharap Kadin dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat petani melalui Program Jagung Smart KADIN Donggala 4.0.

Turut hadir : Kepala Inspektorat, Karo Ekonomi, Kadis Kominfo diwakil Sekretaris Kominfo, Ketua Kadin Donggala, Sekretaris Kabupaten Donggala, Camat Sindue Tobata, Kepala Desa Tamarenja, Mitra Kerja, Tokoh Masyarakat dan para Petani.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng/sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1