Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Danrem 133/NW Hadiri Acara Pembukaan Musrenbang RKPD Prov. Gorontalo Tahun 2024

Selasa, 11 April 2023 | April 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-11T23:05:22Z


TransSulteng-Gorontalo- Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P. menghadiri Pembukaan Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi tahun 2024, bertempat di Ballroom Hotel Aston Gorontalo, Senin (10/4/2023).

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Gorontalo Dr. Ir. Hamka Hendra Noer, M.Si menyampaikan pada pelaksanaan hari ini adalah merupakan agenda rutin pekerjaan pembangunan dalam rangka perumusan Pancasila tahun 2024  sebagaimana ketentuan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang sangat strategis dalam rangka membahas identitas program kegiatan kabupaten kota, akan ada beberapa besar kepada penyelenggaraan forum ini agar apa yang direncanakan dan dirumuskan dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah dan sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat

"Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Gorontalo tahun 2024, menetapkan enam target pembangunan daerah. Enam target yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan tersebut diantaranya Pertama, laju pertumbuhan ekonomi ditargetkan dapat mencapai 5,86 persen. Kedua, peningkatan indeks pembagunan manusia dapat mencapai 72,03 persen. Ketiga, kemiskinan diturunkan mencapai kisaran 15,05 persen. Keempat, tingkat pengangguran terbuka diturunkan hingga mencapai kisaran 2,40 persen. Kelima rasio ketimpangan ditekan hingga mencapai kisaran 0,40 poin. Keenam adalah inflasi diturunkan kisaran 3,81 persen - 2,25 persen," terangnya.

Hamka Hendra Noer menegaskan untuk mewujudkan seluruh target pembangunan tersebut, maka ada beberapa hal yang harus diwujudkan pada pembangunan di tahun 2024 nanti. Diantaranya yaitu, melakukan percepatan dan fokus dalam mengalokasikan anggaran daerah pada sektor-sektor prioritas, mendorong peningkatan pendapatan daerah dalam mewujudkan kemandirian fiskal, terkahir diharapkan pemerintah Kabupaten/Kota agar menguatkan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada perencanaan pembangunan.

"Harapannya agar semua pemangku kepentingan untuk memanfaatkan tahapan perencanaan yang ada ini dengan sebaik-baiknya, melalui sinergi program provinsi dan kabupaten/kota untuk pembangunan yang lebih komprehensif. Atas nama Pemprov Gorontalo, disini saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat atas dukungan bantuan anggaran terhadap pembangunan di Provinsi Gorontalo selama ini," tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian paparan secara langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Drs. Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D dan Menteri Dalam Negeri yang diwakili Dirjen Bina Pembangunan Daerah Ir. Restuardy Daud M.Sc, yang memberikan materi secara virtual.suardi

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini